Loading...

Mengenal Tipe dan Varian Kijang Kapsul

Mobil Kijang memang merupakan produk dari Toyota yang memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Kijang menjelma menjadi ikon mobil keluarga di Indonesia berkat konsistensinya. Salah satu yang paling dikenal dan laris adalah Kijang kapsul. Mobil yang diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 ini memiliki banyak tipe dan juga menggunakan mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Dan saat ini sudah dilanjutkan dengan model terbaru yaitu Kijang Innova. Sedangkan saat ini, Toyota Sienta bisa jadi pilihan baru untuk Anda yang mencari mobil baru di kelas MPV.

kijang kapsul



Kijang kapsul merupakan penerus dan penyempurna dari Kijang ekstra, Dengan desain bulat dan mesin berapasitas 1800cc sampai 2400cc. Ada 4 tipe mesin pada kijang kapsul, yaitu mesin bensin 1800 cc dengan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc. Mobil yang berkapasitas 8-9 penumpang ini memiliki banyak 7 tipe.Berikut tipe kijang kapsul yaitu SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista.

Untuk tipe standart ada pada versi SX dan LX, disusul, Tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan tipe tertinggi adalah kijang krista.

Kijang memiliki versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dilihat dengan Huruf Pertama pada Tipenya. S untuk Short dan L untuk kijang yang Long.

Perbedaannya adalah, utuk tipe S kursi bagian belakang menghadap ke samping, sedangkan pada tipe L, kursi belakang menghadap ke depan

Sedangkan untuk interior dan aksesorsinya ditandai dengan huruf dibelakangnya, Lihat rincian berikut

- SX dan LX: Tipe standar minimalis, tanpa AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya.

-   SSX dan LSX: Tipe medium, bagian interior lebih bagus, sudah menggunaka AC dan sistem audio yang cukup.

-   SGX dan LGX:  tipe lengkap, menggunakan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depa .

-    Krista: Tipe teratas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, dengan two tone colour.

Kijang Kapsul di Indonesia juga mengalami perubahan pada tiga periode:

- First Edition (1997 – awal 2000) : Bodinya lebih tebal dari generasi kedua. Tipe ini Menggunakan mesin 2000cc berbahan bakar bensin.

- Second edition (2000–2003) : Body-steel lebih tipis dari generasi pertama dengan tujuan mengurangi harga jual. Edisi ini menggunakan mesin 2000 cc bahan bakar bensin, 2400cc diesel engine, dan juga 1800cc dengan teknologi EFI.
-
 Third edition (2003–2005) : LSX, LGX series, dan SGX mengalami minor change dari sebelumnya seperti bagian door trim dan interior. dan menggunakan mesin yang sama dengan second edition

Perbedaan dari tipe SX dan LX adalah pada bagian interior dan eksterior serta perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi, selain itu, sistem kemudi lebih baik dari tipe seblumnya yaitu memakai power steering dan power assist. Perubahan yang paling kentara pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dengan sistem EFI dan sistem injection.

Sebagai tambahan review mobil ini, buat Anda yang ingin membeli mobil kijang Kapsul, ada beberapa kelemahan dari kijang ini:

  • Bahan bakar cukup boros, umunya 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota
  • Suspensi per daun sering bermasalah terutama apabila melewati medan yang cukup berat.
  • Karet Body sering retak, jadi harus sering diganti.
  • Untuk mesin bensin dengan kode 7K memiliki kelemahan pada bagian ring piston yang sering bocor, sehingga tenaganya jadi ngempos dan sering ditemui asap putih pda knalpot alias ngebul karena oli masuk ke ruang bakar.
  • Untuk mesin diesel dengan kode 2L, umumnya terdapat masalah pada saluran injektor diesel pada kepala silindernya yang mengalami retak atau mudah rusak. Jadi harus diganti dengan yang baru. 

Berikut Konsumsi BBM Kijang Kapsul yang dirangkum dari pemakainya:

  • Forum 1: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2013) dengan rute kombinasi dalam dan luar kota bisa mencapai 10 km per liter.
  • Forum 2: Kijang 1.8 EFI manual (2000) untuk dalam kota bisa 7-8 km per liter, sedangkan saat mencoba jalan-jalan keluar kota hanya bisa mencapai 1:10 dengan gaya mengemudi santai 80 km/jam.
  • Forum 3: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2000), diajak jalan-jalan dalam kota cuma bisa 8-9 km/liter dengan kemacetan sedang, namun saat macet parah bisa 5-6 km per liter. Untuk luar kota, lumayan bisa 10 km per liter.
  • Forum 4: Kijang 1.8 EFI manual (2000) dalam kota bisa 1:9 dengan kecepatan 80km, sedangkan luar kota bisa 1:10 km dengan maksimal speed 90-120 km
  • Forum 5: Kijang SX 1.8 manual (1997), perjalanan Bandung - Jakarta dengan muatan penuh 4 dewasa plus bagasi mencapai 10 km per liter.
  • Forum 6: Kijang 1.8 EFI manual (2000), perjalanan Cimone - Tanjung Priok bisa 9,9 km per liter.

Dan inilah update terbaru Harga All new Kijang Innova terbaru dan fitur unggulan innova facelift

Semoga info ini bermanfaat bagi Anda semuanya, terutama yang memang mencari kijang kapsul sebagai mobil keluarga.(riva)
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Tipe dan Varian Kijang Kapsul"

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!