Perbedaan All New Avanza dan All New Xenia


Review Mobil - Avanza dan Xenia merupakan dua varian mobil keluarga murah yang banyak diminati di Indonesia, duo kembar ini menjema menjadi ikon bagi mobil keluarga di Indonesia. Selain memuat banyak penumpan, harga kedua mobil ini sangat terjangkau untuk kalangan menengah. Namun sebagai produk yang memiliki brand tersendiri karena dikeluarkan oleh produsen yang berbeda. Xenia adalah mobil keluaran Daihatsu sedangkan Avanza berasal dari pabrikan Toyota.

all new xenia
all new avanza

Meskipun secara desain hampir sama, ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Inilah perbedaan Xenia dan Avanza:

- Desain Depan
Untuk model Veloz, Toyota Avanza dibekali front fascia yang lebih modern dan sporty dengan desain bumper dan grille khusus. Sedangkan untuk model lampu depan masih sama dengan Avanza G dan Xenia.

- Head Unit
head unit Xenia lebih bagus, head unit ini bisa memutar CD, MP3, AUX, USB dan iPod control dengan merk JVC dan Pioneer. Pada Avanza tipe G hanya menggunakah head unit sederhana yang hanya bisa memutar CD dan MP3 saja. Sedangkan, pada tipe Veloz, menggunakan head unit indash double din yang memiliki kemampuan sama dengan Daihatsu Xenia serta terhubung dengan steering switch control.

- Mesin
Kapasitas mesin kedua mobil ini ternyata berbeda. Toyota Avanza menggunakan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc., sedangkan Daihatsu Xenia mengusung mesin 1.300 cc dan 1.000 cc

- AC
Hal ini memang sering diperdebatkan oleh orang banyak. Xenia hanya memiliki single blower pada tipe terendahnya atau yang bermesin 1000cc, sedangkan Toyota Avanza sudah menggunakan AC double blower untuk semua tipe.

- Fitur Keselamatan
Pentingnya faktor keselamatan dalam berkendara perlu diperhatikan oleh produsesn mobil. Untuk mobil All new Xenia hanya disediakan perangkat keamanan berupa sabuk pengaman saja, begitupun dengan mobil Avanza tipe G. Sedangkan mobil seri Avanza lainnya yakni Avanza Veloz dan Avanza bermesin 1.500 cc dilengkapi dengan dual SRS Airbag serta sistem pengereman yang sudah menggunakan ABS.

- Velg
Velg merupakan salah satu hal mambuat mobil terlihat lebih bagus. Velg Xenia dan Avanza memiliki jenis yang berbeda, Pada Xenia tipe standar dan Avanza seri E menggunakan Velg standar atau velg kaleng. Sedangkan Avanza tipe Veloz memiliki tipe Velg yang paling bagus diantara tipe mobil Xenia dan Avanza seri lainnya.

- Harga mobil
Harga merupakan hal yang penting dan jadi pertimbangan utama bagi setipa orang pada saat membeli sebuah mobil baru, harga All New Xenia paling standar di lepas dengan harga Rp 134 jutaan, sementara harga untuk All New Avanza tipe standar di lego dengan harga yang lebih mahal yakni Rp 155 jutaan.

Dengan perbedaan dan kelebihan pada kedua mobil ini. Sekarang saatnya Anda menentukan pilihan, tergantung selera dan yang pasti sesuaikan dengan keperluan dan budget yang ada.(wk)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Perbedaan All New Avanza dan All New Xenia"

  1. mantap gan, untuk informasi harga toyota avanz ada yang lbih update gan?

    ReplyDelete
  2. Kalo aku, Xenia cocok buat operasional dan usaha karena memang harganya lebih ekonomis. Kalo mau cari nyaman, baru toyota all new avanza :)

    ReplyDelete
  3. semua pilihan tergantung selera dan budget masing2........tapi setidaknya sebelum membeli emang harus cari informasi sebanyak2nya utk referensi biar tidak menyesal dikemudian hari, bukankah begitu mas brow........salam otomotif

    ReplyDelete