Perbedaan Xenia Mi, Xi dan Li

Great New Xenia - Mobil xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang paling banyak ditemui di jalan raya. Mobil yang serupa dengan toyota Avanza ini memiliki 3 tipe yang berbeda. Apa saja itu perbedaan Xenia xi dan li,:


xenia
daihatsu xenia

- Tipe Mi merupakan tipe terendah atau standard. Tipe ini menggunakan mesin 1000cc dengan 3 silinder, tidak menggunakan power steering.

- Tipe Li memiliki variasi dan fitur lebih lengkap. Sudah menggunakan power stering

- Tipe Xi, sama dengan tipe Li, perbedaanya adalah tipe ini menggunakan mesin 13000c. Tipe ini juga memiliki dua model transmis yaitu manual dan matic.

Spesifikasi Xenia XI Mi Li

Nah agar lebih lengkap lagi sekarang saya jabarin satu persatu tipe atau paket Daihatsu Xenia generasi pertama ini yaitu Plus, Deluxe, Family dan Sporty. Berikut kelengkapan pada masing-masing varian pada Daihatsu Xenia:

Daihatsu Xenia Mi Plus merupakan tipe terendah, untuk kelengkapannya adalah velg kaleng dope, Single Din yang hanya bisa memutar Radio dan Tape, sudah memiliki central lock.

Daihatsu Xenia Li/Xi Deluxe sudah dilengkapi dengan Power Steering, Radio Tape CD Player, Power Windows dan ditambah dengan sensor parking.

Daihatsu Xenia Li/Xi Plus dilengkapi dengan Velg Racing ukuran 13 inci untuk Li dan 14 inci untuk Xi, Grill berlapis krom serta Alarm Remote.

Daihatsu Xenia Li/Xi Family memiliki kelengkapan sama dengan tipe Plus ditambah dengan spoiler dan tanduk depan serta pegangan pintu yang sudah di krom dan memiliki side molding.

Daihatsu Xenia Li/Xi Sporty memiliki kelengkapan yang sama dengan Family ditambah dengan tanduk belakang serta roof rail yang membuat tampilannya makin sporty.

Daihatsu Xenia Li/Xi A/T dilengkapi dengan pengatur spion elektrik, grill berwarna krom.

Baca juga disini untuk melihat perbedaan All New Daihatsu Xenia D M X R. dan juga Perbedaan Tipe Great Daihatsu Xenia yang baru saja diluncurkan.

Semua tipe xenia ini hanya memiliki single blower. Sangat berbeda dengan toyota Avanza yang sudah dilengkapi dengan double blower kecuali Avanza Tipe E. Baca juga disini perbedaan Xenia dan Avanza.

Meskipun Xenia juga bisa dipasang double blower, tapi sebaiknya jangan memasang pada Xenia yang menggunakan mesin 1000cc karena akan mengakibatkan beratnya kinerja mesin.

Harga Xenia lebih murah daripada Avanza, karena itulah banyak masyarakat yang masih memilih Xenia sebagai mobil keluarga. Namun sekarang sudah hadir All New Xenia yang memiliki fitur lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk harganya xenia ini bisa ditebus dengan harga 60-110 jutaan tergantung tipe dan kondisi kendaraannya masing-masing. Harganya memang semakin menurun, karena saat ini semakin banyak mobil baru dengan harga yang cukup murah dan salah satunya adalah mobil asal pabrikan China yang memiliki fitur yang tergolong lengkap dikelasnya yaitu Wuling Confero. Untuk pemakaian konsumsi bahan bakarnya Xenia ini bisa mencatat 10-15 km per liter tergantung kondisi jalan dan bebannya. Berikut dibawah perkiraan harga Xenia Bekas 2004 -2015.


Berikut beberapa kelemahan umum Xenia yang diambil dari liputan6.com dan beberapa sumber lainnya:

1. Kinerja mesin dengan 1.000 cc dengan kode EJ-VE sering mengalami "ndut-ndutan". Hal ini terjadi pada saat pergantian gigi rendah 1 dan 2.

2. Kinerja kaki-kaki atau suspensi kurang maksimal saat melewati jalan berlubang atau polisi tidur. Istilah lainnya "ajrut-ajrutan". Hal ini tentu membuat kenyamanannya semakin berkurang serta menimbulkan gejala limbung atau body roll di kecepatan tinggi.

3. Kesenyapan kabin masih kurang, hal ini bisa dirasakan dengan mendengar suara mesin 3 silinder yang masih masuk ke dalam kabin. Apalagi saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

4. Stering Rack sering bermasalah terutama pada bagian Electronic Power Steering (EPS). Gejalanya umumnya roda kemudi terasa "oblak".

5. Sistem pendingin masih pakai single motorfan sehingga membuat kinerja mesin atau motorfan menjadi berat.

6. Switch lampu Daihatsu Xenia rentan rusak menurut para penggunanya sehingga harus sering diganti.

7. Putaran Stasionernya atau idle mesinnya acapkali tidak stabil terutama versi 1.000 cc terutama pada saat AC dalam kondisi mati. Namun hal ini akan normal jika AC dalam keadaan nyala. Penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada IACV ataupun ISC ( Idle Air Controler Valve atau Idle Speed Controler) yang mengontrol kapasitas udara yang masuk ke bagian intake disaat throttle bodi dalam keadaan tertutup.

Tips Membeli Xenia Bekas

Sebagai tambahan info, disini akan di jelaskan mengenai cara membeli mobil xenia bekas, selain tentunya fisik, interior dan kelengkapan surat-surat diperhatikan terlebih dahulu:

1. Bagian kaki-kaki jadi salah satu yang diperhatikan karena Xenia biasanya jadi mobil dengan jam terbang yang tinggi, dan cek juga bagian power steering serta kondisi ban.

2. Lakukan juga test drive, dan rasakan bantingan suspensinya apakah masih nyaman atau keras terutama saat melewati jalan berlubang. Pada saat test drive, Anda juga bisa merasakan apakah perpindahan giginya lancar atau tidak.

3. Periksa bagian mesin, cek adakah kebocoran oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem dan bagian air wiper. Periksa dengan melihat ke bagian bawah kolong juga.

4. Sebaiknya pilihlah mobil dengan servis rutin di bengkel resmi, hal ini bisa ditanyakan pada pemiliknya dengan menunjukkan buku servis rutin.

5. Untuk bagian dalamnya, perhatikan juga bagian pada dashboard, panel pintu, jok dan plafon apakah terawat dengan baik atau tidak. Jika bersih, hal ini tentu akan menjadi nilai tambahan bagi Anda.

6. Cek bagian AC, periksa apakah sistemnya masih bekerja dengan sempurna, hal ini bisa Anda coba dengan menyalakannya dan merasakan dingin atau tidak.

7. Carilah xenia bekas dengan tahun yang lebih muda, karena kondisi tentu lebih baik dari tahun sebelumnya. Perhatikan juga odometer dan riwayat mobil dengan pemilik lamanya.

Nah selain itu ada alternatif lainnya juga dengan budget 100 hingga 110 jutaan, kamu juga bisa menebus mobil baru dengan kapasitas tujuh penumpang seperti  Calya Sigra yang juga penjualannya semakin meningkat di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Tipe Daihatsu Terios X, X-Extra, R dan R-Adventure.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Perbedaan Xenia Mi, Xi dan Li"

  1. ini merk motor xenia baru ya? yang dulu kurang top tampilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang mobil xenia model lama mas bro..:)

      Delete

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!