Tipe dan Jenis Daihatsu Taruna


Review Mobil - Daihatsu Taruna meruakan Mobil SUV dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Indonesia yang saat ini masih banyak diminati oleh konsumen, Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, mobil bekas Daihatsu Taruna harganya masih cukup tinggi, berkisar antara 70 juta sampai 125 juta, tergantung tahun produksinya. Sekarang sudah digantikan dengan Daihatsu Terios.
daihatsu taruna
Daihatsu Taruna


Taruna merupakan penyempurnaan dari Daihatsu Feroza. Daihatsu Taruna memiliki banyak tipe dan jenis varian yang berbeda. Agar lebih jelas, Berikut adalah tipe\dan jenis Daihatsu Taruna berdasarkan tahun produksinya.

- Tipe C-Series, kode HD-C diproduksi tahun 1999

Tipe ini menggunakan mesin sebesar 1500-1600 cc yang menggunakan karburator. Tipe C adalah tipe menggunakan sasis pendek sehingga bangku bagian belakang saling berhadapan. Bisa memuat 7 orang. Masih menggunakan single blower.

- Tipe C-Series Special Edition, kode HD-E diproduksi tahun 2000

Bed dengan keluaran sebelumnya, Mobil ini sudah menggunakan sistem injeksi untuk penyuplai bahan bakar. Kapasitas mesin 1500-1600 cc. Untuk interior lebih bagus dengan menggunakan jok kulit.

- Tipe F-Series, kode HE-E diproduksi tahun 2001

Tipe ini menggunakan mesin 1600 cc yang dipadu dengan karburator dan juga 1500 cc dengan sistem injeksi (EFI). Ada beberapa tipe, yaitu FL, FX dan FGX. Tipe F adalah seri Taruna sasis panjang. Bangku belakang atau baris ketiga sudah menghadap kedepan.

- Tipe F-Series, kode HE-E- diproduksi tahun 2002

Pada tahun ini masih sama dengan versi sebelumya, namun semua mesin sudah menggunakan sistem full injeksi. Sudah menggunakan spion elektrik dengan warna exterior two tone.

- Tipe Oxxy diproduksi tahun 2005

Tipe ini adalah yang terbaru dan merupakan penyempurnaan dari model C dan F series. Oxxy berarti penyegaran. Dengan mesin 1500 cc menggunakan sistem full injeksi. Tampilan lebih sporty dengan headlamp yang berubah, foglamp yang bervariasi dan grill yang dilapisi krom. Ada tambahan spoiler dan body kit sesuai dengan warna mobil. Baca juga disini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna.

Setelah tahun 2006, Daihatsu Taruna resmi tidak diproduksi lagi, dan sebagai penggantinya, Daihatsu memproduksi Daihatsu Terios yang direlease tahun 2007. Bahkan di tahun 2015 akan hadir varian terbaru yaitu Daihatsu Terios Spirit.

Tipe-tipe Daihatsu Taruna Berdasarkan seri :

CL, CX dan CSX. CL adalah tipe standard dan tidak dilengkapi AC dan tape. CX adalah tipe menengah sudah dilegkapi dengan AC dan tape serta velg alloy. Untuk tipe CSX terbilang paling komplit, sudah dilengkapi dengan electric window hingga side body moulding.

FL, FX dan FGX sama dengan tipe C Series, perbedaanya adalah dimensi F lebih lebih panjang 250 mm dan memiliki bangku baris ketiga yang menghadap ke depan.

Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam Berita Otomotif. (wk)

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Tipe dan Jenis Daihatsu Taruna"

  1. terimakasih banyak atas penjelasaanya, jadi tahu deh.

    ReplyDelete
  2. Haturnuhun gan ... infonya, rencana mau beli taruna juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami2 gan, semoga dapat taruna yang sehat dan mantap

      Delete