Perbedaan Tipe Daihatsu Terios X, X-Extra, R dan R-Adventure

Berita Otomotif - Baru saja diluncurkan, New Daihatsu Terios mengalami beberapa perubahan terutama pada bagian eksteriornya. SUV dari Daihatsu ini tentunya akan bersaing ketat dengan Honda HR-V, Nissan Juke, Ford EcoSport dan bahkan dengan saudara kembarnya New Toyota Rush yang sama-sama diluncurkan. Saat ini New Terios hadir dalam 4 tipe yang memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masingnya. Agar nggak bingung saat menentukan pilihan, mari kita coba lihat apa saja perbedaan yang terdapat pada 4 tipe penerus Daihatsu Taruna ini yaitu Terios X, Terios X-Extra, Terios R dan Terios R-Adventure.

New Terios X
Tipe X merupakan versi standar New Terios, Perubahan terdapat pada desain bumper depan dan belakang baru, headlamp menggunakan projector baru, Lampu belakang LED, kap mesin dengan desain baru, side body moulding,  Roof antena, dan menggunakan velg kaleng berukuran 16 inci.

Melangkah ke dalam kabin, terdapat jok baru, sun glass holder, fitur kursi baris kedua yang bisa digeser dan one touch tumble. AC double blower, electric power steering, seatbelt dengan height adjuster.

perbedaan tipe new terios


Fitur keselamatan tak luput dihadirkan yaitu Dual SRS Airbag, pretension seatbelt, child safety lock, head rest kursi baris ketiga, side impact beam dan fitur baru window jam protection yang berfungsi agar tangan tidak terjepit pada saat menutup kaca jendela..

Harga Daihatsu Terios X dibandrol dengan harga Rp186,9 juta OTR Jakarta dan hanya tersedia pilihan transmisi manual saja.

New Terios X-Extra
Tipe ini memiliki semua kelengkapan pada tipe X. Terdapat perbedaan pada tambahan tutup velg, cover ban cadangan, foot step, spion sudah dilengkapi dengan lampu sein.

Bagian interiornya terdapat head unit audio 2 DIN, empat buah speaker sensor parkir mundur dan alarm.

Terios X-Extra hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Untuk transmisi manual dilego dengan harga Rp197,2 juta, sementara itu versi otomatis dibanderol Rp. 208,05 juta.

New Terios R
memiliki fitur yang sama dengan tipe X, Namun tampilan terlihat lebih sporty, karena banyak penambahan pada bagian eksterior seperti grill krom, fog lamp, roof rail, talang air, body kit sporty, rear spoiler dan wiper belakang. Bagian kaki-kaki dibalut dengan velg alloy 16 inci.

Interior terdapat headlamp light warning, head unit touch screen, audio steering switch, spion otomatis dan bisa dilipat,

Fitur ABS sudah hadir untuk tipe otomatis saja. Harga Terios R adalah Rp. 219,1 juta untuk manual, odan Rp. 233,2 juta untuk otomatis.

New Terios R-Adventure
Merupakan tipe tertinggi dengan fitur komplit. Perubahan pada body kit, front under guard, grill, berlapis krom, muffler cutter, side stone guard, lampu dilengkapi dengan Daytime running light (DRL).

Interior hampir sama dengan Tipe R, terdapat fitur kamera mudur, Terios R-Adventure dijual dengan harga Rp. 229,3 juta transmis manual, sedangkan otomatis diangka Rp. 243,2 juta.

Review Konsumsi BBM Daihatsu Terios/Rush

* Majalah Autobild: Pengujian dengan Terios R-Adventure versi matic bisa mencapai 10.6km/liter untuk rute dalam kota, sedangkan luar kota hanya bisa menempuh 12,1 km/liter.

* Majalah otomotif: Daihatsu Terios TS A/T bisa mencapai 1 liter dengan jarak tempuh 9.6 km, sedangkan tol dalam kota bisa menempuh 14.7 km/liter.

* Otomotifnet.com: Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T 2016 bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar 8,27 km/liter. Sedangkan dijajal dengan konstan di kecepatan 60km/jam bisa menempuh 14,6 km/liter @ 2.200 rpm gigi 4. Sementara itu waktu dicoba dengan kecepatan konstan 100 km/jam hanya bisa mendapatkan 12,56 km/liter pada 3.200 rpm gigi 4.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari mobil SUV. Baca juga info tentang Honda BR-V.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Perbedaan Tipe Daihatsu Terios X, X-Extra, R dan R-Adventure"

  1. Th'x informasinya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas bro semoga bermanfaat ya

      Delete
  2. saya pembeli New Terios 2016 di bulan Juni 2016 sampai dengan hari ini dimana saya merasakan konsumsi bahan bakarnya BOROS SEKALI tidak sesuai dengan claim di iklan dan salesnya yaitu 1/12km!!

    saya sudah beberapa kali bawa ke bengkel dan solusinya hanya di test bersama dgn alat tersendiri dr Daihatsu dimana hasilnya selalu berpihak ke Daihatsu, sementara saya yang merasakan pengeluaran uang utk bahan bakarnya sangatlah tidak masuk akal..

    setelah di test dgn alat tersendiri dari Daihatsu dan hasilnya selalu berpihak ke daihatsu, saya coba utk test lagi menggunakan TRIP system...
    TRIP 1 :
    saya isi full tank kemudian saya bawa sehari2 sampai bar indikator turun sebanyak 7bar dgn KM 314.6 kemudian saya isi full tank lagi sebanyak 37.49Ltr (PERTAMAX)
    dimana kalo kita bagi 314.6:37.59 = 1liter/8km

    TRIP 2:
    Dgn isi full tank lagi saya coba jalankan mobil sehari-hari dan pada saat bar indikator turun sejumlah 1bar dgn KM 126.8 dimana saya isi full tank lagi sejumlah 12.08 liter(sesuai dgn arahan pihak bengkel daihatsu sunter agar lbh akurat jika di isi langsung tanpa menunggu bar turun lbh banyak)
    hasilnya:
    126.8:12.08 = 1 liter / 10KM

    berdasarkan hasil test TRIP ini saya laporkan ke pihak bengkel daihatsu sunter namun mereka sekali lagi menyarankan agar pd saat isi full tank baru berjalan sebentar tanpa menunggu bar indikator turun sdh di isi lagi..itu lbh akurat katanya!

    ini jelas mengada2 secara logika aja apabila bensin baru di isi full tank otomatis bensin menumpuk di pipa pengisian blm turun ke tangki bensinnya..jelas ini bakalan irit sptnya wong blm masuk tangki

    ini sangat memalukan bagi sebuah perusahan otomotif (DAIHATSU) terbesar di indonesia dan sangat menipu konsumen

    Terima Kasih dan ditunggu tanggapan atau respondnya
    Berry.Binu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sharingannya om. Banyak faktor dalam perhitungan konsumsi BBM, tentunya masing-masing orang juga berbeda hasilnya, misalnya faktor bobot penumpang, gaya mengemudi, tekanan angin serta jalanan yang semakin macet, terutama di Jakarta dan sekitarnya.

      Mungkin bisa juga om berry, sharing atau tanya2 ke forum khusus Terios http://www.kaskus.co.id/thread/54b87a771cbfaa715b8b457a/krushter---komunitas-kaskus-rush-terios----part-2/269..

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Saya pemakai terios tx 2015 manual.. dan kejadian diatas yap.. memang bgtu adanya.. rata2 konsumsi bbm saya sehari2 1:9 menggunakan pertalite.. kadang 1:7 kadang juga 1:11.. yg kurang lebih sama saat saya pake veloz 2012 saya dlu..
      Menurut saya.. saya mengira masih wajar konsumsi segitu.. dengan mendapatkan power yg besar (berasa bnget kalo pake ac full tanjakan ga perlu matiin ac) begitu juga veloz saya dulu.. overall masih lbih irit drpada freed atau rush.. (sama2 1.5 ltr)

      Delete
    3. sip om upiks jazzy atas sharingannya, semoga bermanfaat juga buat pembaca lain yang ingin meminang terios/rush.

      Delete
  3. saya da lama kenal mobil.tapi sy masih bimbang pilih terios apa xenia..mohon sarannya.bagus mana terios apa xenia.untuk tenaga dan jarak jauh..trimhz

    ReplyDelete
  4. menurut saya, dari semuanya ya bagusan terios om, baik dari tenaga, performa dan juga kenyamanan jika dibanding xenia, karena sudah beda kelasnya...CMIIW

    ReplyDelete