Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Duo kembar LCGC dari Toyota dan Daihatsu ini sekilas memang terlihat serupa, namun keduanya ternyata memiliki cukup banyak perbedaan baik dari dari desain, warna, varian, fitur yang ditawarkan sampai harga. Apalagi pada tahun 2015, keduanya mendapatkan beberapa minor change pada bagian eksterior dan interiornya. Saat ini produsen otomotif ini juga meluncurkan Toyota Sienta di kelas MPV.

Biar gak bingung memilih antara kedua mobil pilihan ini, saya coba mengulas secara detail apa saja perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini:

Pada bagian eksterior, bagian depan Agya terlihat lebih stylish dengan grill minimalis yang lebih elegan, sedangkan Ayla grill depan lebih dinamis, terlihat lebar dan tinggi sampai ke bagian bawah bemper . Perubahan baru Toyota Agya adalah penambahan wiper belakang pada tipe G dan tipe TRD S serta bentuk kursi belakang yang lebih besar dan cocok untuk orang dewasa. Sedangkan Ayla mengalami perubahan yaitu grille baru yang memiliki palang tengah sewarna bodi dan penambahan wiper belakang pada tipe X. 




Masuk kebagian kabin, Toyota Agya memiliki konsep desain yang cukup modern terutama pada tipe G dan TRD S yang sudah dilengkapi dengan 2-DIN head unit serta tersedianya port USB dan aux input yang dibalut warna chrome. Selain itu untuk menambah kenyamanan dilengkapi dengan fitur AC, power window auto down dan dan central lock. Bahan jok dilapisi dengan bahan fabric.

Sementara itu, Daihatsu Ayla memiliki hal yang sama, namun untuk tipe terbawah yaitu tipe D tidak dilengkapi AC dan juga perangkat audio.

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah Toyota Agya sudah dilengkapi fitur keselamatan dual airbags (SRS Airbags) pada sisi pengemudi dan penumpang bagian depan. Sedangkan Daihatsu Ayla belum memiliki dual airbags (SRS Airbags).

beda agya dan ayla

Untuk urusan dapur pacu, keduanya sama sama-sama menggunakan 997 cc dengan kode mesin 1KR-DE yang memiliki tengan 65 dk/6.000 rpm dengan torsi 85 Nm/3.600 rpm yang didukung oleh pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.



Untuk tipenya, Toyota Agya dibuat dengan tiga pilihan, yaitu Tipe E, G, dan TRD S. Untuk Tipe TRD S sudah dilengkapi dengan aerokit bagian depan, samping, dan belakang yang membuat tampilannya makin sporti. Sedangkan Daihatsu Ayla juga memiliki tiga pilihan yaitu tipe D, M dan tipe X, dengan tipe D sebagai pilihan yang paling sederhana namun paling terjangkau.

Berikut Harga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Per Januari 2016 On the road Jakarta yang diambil dari situs Toyota dan Daihatsu:

perbedaan harga toyota agya vs daihatsu ayla 2016

Semoga ulasan dan review mobil yang singkat ini bisa membantu Anda menentukan mobil keluarga terbaik pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Kedua mobil ini ternyata juga memiliki kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pemiliknya yaitu getaran mesin yang disebabkan oleh engine mounting terutama pada 3000 rpm. Selain itu terdapat masalah tentang kekedapan kabin yang kurang mumpuni.

Review Konsumsi BBM Toyota Agya / Daihatsu Ayla

Agar tidak penasaran dengan mobil murah ini, sekalian saya bahas tentang konsumsi bahan bakarnya, yang menurut klaimnya ada diatas 20 km per liter. Berikut rangkumannya yang diambil dari berbagai sumber:

* Majalah Autobild: Toyota Agya TRD S A/T dengan rute Jakarta - Puncak lewat Tol, tentunya ada kombinasi macet dan lancar, hanya bisa menghasilkan konsumsi BBM 15,8 km untuk satu liter.

* Majalah Autobild: Daihatsu Ayla M A/T untuk hasil konsumsi BBM dalam kota bisa mencapai 13,5 km/liter, sedangkan untuk pengujian ke luar kota dengan rute Kebun Jeruk - Puncak bisa mencapai 18,2 km/liter versi MID, untuk versi full to full tercatat 16,4 Km/l

* Majalah Autobild: Daihatsu Ayla X A/T atau tipe tertinggi untuk hasil konsumsi BBM dalam kota bisa mencapai 14,9 km/liter, sedangkan untuk pengujian ke luar kota atau tol bisa mencatat 21,3km /l

Konsumsi BBM juga dipengaruhi oleh bobot penumpang, rute jalan, serta cara mengemudi sehingga hasil yang didapat juga berbeda-beda.

Kekurangan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Agar lebih lengkap lagi, berikut kami rangkumkan beberapa kekurangan dari mobil LCGC kembar ini:

- Akselerasi agak lambat, karena memang mobil ini hanya memiliki CC yang kecil dengan tengan 65 ps sehingga bisa dimaklumi.

- Bobot mobil terlalu ringan sehingga jika dipacu dalam kecepatan tinggi bisa menyebabkan goncangan/oleng.

- Kabin kurang kedap, sehingga bunyi ban dan juga suara dari luar terdengar cukup keras. Namun bisa diakali dengan menambah peredam.

Kalo ada yang kurang jangan lupa, tambahin di kolom komentar dan jangan lupa untuk baca disini tentang mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang rencananya akan diluncurkan Agustus 2016.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla"