Inilah Cara Kerja Transmisi Auto Gear Shift Suzuki

Penasaran pastinya ya masbro dengan sistem transmisi AGS atau Auto Gear Shift yang digadang-gadang oleh Suzuki pada Karimun Wagon R? Sama dong..soalnya masi bingung dengan jargonnya yaitu bisa manual, bisa matic. Menurut infonya, Transmisi otomatis 5 percepatan ini menjadi keunggulan utama Wagon R karena menjadi satu-satunya mobil murah ramah lingkungan dengan teknologi ini. Daripada bingung yuk kita simak Cara Kerja Transmisi Auto Gear Shift ini:



Secara prinsip, sistem AGS ini berkerja layaknya mobil bertransmisi otomatis. Namun tentu ada perbedaannya, Transmisi AGS ini merupakan transmisi manual yang dijadikan matik tanpa pedal kopling. Masi bingung kan?

Teknologi AGS ini bekerja dengan mengintegrasikan sistem akuator hidrolik persisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM). Keduanya berguna untuk mengatur kerja kopling, persneling gigi, dan mesin. Dengan melalui mekanisme ini, kita bisa menjajal transmisi manual tanpa repot menekan pedal kopling. Selain itu teknologi ini bisa menghemat bahan bakar. Namun perpindahan gigi tergolong lambat dan juga berasa hentakannya. Baca disini Konsumsi BBM Karimun Wagon R AGS Tembus 36,1 km/liter.

Teknologi AGS ini hampir mirip dengan Automated Manual Transmission (AMT) yaitu menggunakan gearbox dengan kopling kering layaknya sistem manual, namun kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik. Dan sisitem ini biasanya juga banyak digunakan pada moil Eropa. Menurut info Suzuki Celerio juga akan menggunakan trasmisi ini. Gimana dah ngerti blom? Semoga bisa mengerti ya cara kerjannya ..hehe

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Kerja Transmisi Auto Gear Shift Suzuki"

Post a Comment