Toyota C-HR, Saingan Honda HR-V di Indonesia

Sepertinya yang dinanti sudah hadir, Toyota luncurkan pesaing untuk Honda BR-V yang memiliki tampilan yang tak kalah keren, yaitu Toyota CH-R. Kehadiran CH-R ini sebenarnya sudah diperkenalkan di acara Paris Motor Show 2014 sebagai mobil konsep.

harga toyota ch-r
Spy Shot Toyota CH-R di Pabrik Toyota Turki
Crossover baru Toyota ini juga ditampilkan pada pameran Frankfurt Motor Show 2015 dan pihak Toyota mengumumkan bahwa mobil terbaru dari Toyota, CHR concept dipastikan akan diproduksi. Toyota juga berharap bahwa versi produksi akan hadir di Geneva International Motor Show pada bulan Maret 2016. Sedangkan detailnya juga akan dibeberkan pada ajang otomotif bergengsi tersebut.


Toyota C-HR indonesia

Crossover terbaru Toyota ini akan di desain lebih menarik lagi dengan dengan ruang bagasi dan bagian belakang yang cukup ringkas, dengan jangkauan pandangan yang diperluas. Selain itu, Toyota juga akan mengaplikasikan desain yang mengalir untuk crossover terbarunya tersebut.

Pada bagian mesinnya, Crossover ini rencananya akan menggunakan mesin hybrid, mesin 1.8-litre yang disandingkan dengan motor eletrik dengan memakai transmisi CVT. Mesin ini  sanggup mengeluarkan tenaga 121bhp. Pilhan mesin lainnya adalah mesin tiga silinder 1.2-litre dilengkapi turbocharged yang sanggup mengeluarkan daya 114bhp dan torsi 185Nm..Wow mantap nih kalo bener dipake!

Selain mesin diatas, ada juga kabar terbaru dari Toyota yang menyebutkan bahwa mobil ini akan menggunakan mesin 2.000 cc yang disinyalir merupakan mesin Corolla Altis, namun mengalami beberapa revisi sehingga tenaga lebih besar dari Altis yaitu 150 Hp pada 6.100 rpm dan torsi 193 Nm pada 3.800 rpm. Dan mesin 2.000 cc ini hanya memiliki transmisi CVT saja dengan penggerak roda depan .


harga toyota ch-r

Sebagai tambahan lainnya Toyota CH-R juga akan hadir dengan pilihan FWD (Forward Whell Drive) dan AWD (All Whell Drive) yang bisa dijadikan salah satu kelebihan lainnya. Mobil ini juga tertangkap kamera saat melakukan pengujian di Nurbugring pada September 2015 yang lalu.


Sedangkan untuk harga Toyota C-HR sendiri, sampai saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Toyota. Namun kemungkinan harga akan bersaing dengan Juke dan HR-V. Dengan penampilannya sporty dan gagah ini, para kompetitor seperti Honda HR-V dan Nissan Juke atau bahkan juga Honda BR-V yang baru diluncurkan siap-siap untuk bersaing ketat.

Untuk pasar Amerika, rencananya Toyota CH-R akan diberi nama dengan Scion yang juga sudah pernah ditampilkan pada event LA Auto Show 2015 yang lalu. Di luar negeri, SUV Toyota ini akan berhadapan dengan Honda HR-V dan Jeep Renegade.

Toyota Scion CHR Concept
Scion
Sedangkan untuk pasar Eropa akan dijual versi hibrid yang akan diproduksi di Turki pada akhir tahun 2016 dan dipasarkan pada tahun 2017. Untik pasar Amerika akan dipasarkan pada musim semi 2017.


Pada tanggal 22 Februari 2016, Toyota mulai memperlihatkan siluet atau teaser dari SUV yang akan ditampilkan pada Geneva Auto Show 2016 minggu mendatang. Tentunya akan siap menantang Mazda CX-3 dengan desain bergaya funky!

   

Kemudian dikutip dari carscoop.com, ternyata foto terbaru Toyota CH-R sudah "bocor " di beberapa media menjelang debutnya di Geneva. Terlihat desain futuristik, dan handle pintu belakang terintegrasi dengan pilar C.

Dan akhirnya Toyota CH-R melakukan debut di ajang Geneva pada 2 Maret 2016. Sekilas tampilannya tidak banyak berubah dari concept yang dipamerkan pada Paris Motor Show 2014.

toyota-c-hr-2016
Foto: Denis Balibouse/Reuters

Desain yang tarikan garis agresif, bagian fender yang mencolok dan lampu belakang bergaya bumerang. Grill depan dengan pola diamond dan berpadu dengan fog lamp. Cek video debut premiernya dibawah ini ya mas bro




SUV keren ini juga akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture yang juga digunakan pada Toyota Prius terbaru. Selain itu ada juga kabar baru tentang Crossover baru dari Honda dengan platform yang sama dengan Jazz yaitu Honda WR-V.

Untuk harganya belum ada pernyataan resmi dari pihak Toyota, namun kemungkinan tidak jauh dari harga RAV4 yaitu berkisar US $ 24.000 atau setara dengan 320 juta. Jika masuk ke Indonesia, tentu akan lebih mahal pastinya karena ada biaya tambahan pajak dan sebagainya. Dan SUV tangguh ini akan menjadi mobil terbaru selain Toyota Sienta yang desas desusnya juga akan diluncurkan tahun ini di Indonesia.

Dipamerkan di Turki

Toyota CH-R versi produksi akhirnya terungkap juga bentuk aslinya, bertempat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT) tepatnya di Sakarya, Turki. Pabrik ini memang dikhususkan untuk memproduksi SUV saingan Honda HRV.




Wujudnya terlihat dinamis dengan desain two tone. Di foto yang dilansir oleh indianautoblog ada dua warna yaitu merah dan putih yang ditampilkan di tempat parkir lokasi pabrik Toyota Turki, dan mendapat perhatian khusus dari para karyawan di sekitar Pabrik.

Interior Toyota CH-R
Setelah penampakan bagian luar, Toyota akhirnya merilis juga bagian interior kabin C-HR. Interiornya terkesan modern dan sporty dengan dominasi warna hitam dan list iluminasi berwarna biru membentang di sepanjang dashboard dan menyambung ke bagian doortrim.

Interior-Toyota-C-HR-2016-

Bagian tengah terlihat head unit 6,1 inchi yang terlihat menonjol di tengah. Bagian setir terlihat banyak tombol pengaturan yang makin membuat pengemudian menjadi nyaman.

Interior-Toyota-C-HR-2016-

Material jok dibalut dengan kulit berwarna hitam, sehingga makin membuat interiornya terkesan mewah.

Toyota CH-R versi TRD Terungkap!
Kabar terbaru tentang Toyota CH-R hadir lagi yang saya ambil dari blog Livedoor, membocorkan tentang akan hadirnya SUV ini dalam versi TRD (Toyota Racing Development).

Toyota C-HR versi TRD

Dari tampilannya terlihat boy mobil di cat dengan warna kuning keemasan, selain itu crossover Toyota ini juga semakin terlihat berotot, karena penambahan body kit di beberapa bagian seperti bemper depan dengan skid plate, fender berwarna hitam, velg dengan warna hitam dan juga mud guard berwarna merah.


Harga Toyota CH-R
Akhirnya Toyota mengumumkan harga SUV ini kepada publik umum meskipun harga tersebut berlaku di UK. Mobil yang diproduksi di Turki tersebut menawarkan dua pilihan mesin yaitu .200 cc turbo dan 1.800 cc hybrid yang diambil dari mesin Toyota Prius.

Toyota C-HR ditawrkan dalam 3 tipe yaitu Icon, Excel dan Dynamic. Harganya berada di rentang 20.995 poundsterling (Rp. 368,2 juta) hingga 27.995 Poundsterling (Rp. 491,6). Masuk ke Indonesia, pastinya akan lebih mahal lagi.

Wah mantap nih, mudah-mudahan Toyota Astra Motor bisa memboyong SUV ini ke Indonesia. Semoga!

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Toyota C-HR, Saingan Honda HR-V di Indonesia"

  1. Replies
    1. belum ada info resminya mas bro, kisaran US $ 24.000 di negeri asalnya. masuk Indonesia ya lebih mahal lagi

      Delete
  2. Subhanallah keindahan mobil ini, menjadi impian saya suatu hari nanti. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ammiin semoga tercapai mas bro

      Delete
  3. Replies
    1. mungkin dia mau make slogan "biar lelet asal laris" :)

      Delete
  4. Berdoa kita bisa punya..
    Amiin

    ReplyDelete
  5. Kapan bakal mengaspal di Indonesia, smtr banyak pesaing yg sdh mendahului, semakin lama akan semakin kehilangan moment dan sdh nggak menarik lagi tampilannya.

    ReplyDelete
  6. iya nih kelamaan hadir di Indonesia, mudah2an tahun depan dah masuk. Mungkin strategi marketing nya juga, karena tahun ini Toyota dah banyak luncurin mobil barunya.

    ReplyDelete
  7. Makin cepat hadir makin baik, udah gatel ni tangan mau nungangin kuda baru..hehe.

    ReplyDelete
  8. Makin cepat hadir makin baik, udah gatel ni tangan mau nungangin kuda baru..hehe.

    ReplyDelete