Datsun Redi Go Diluncurkan, Harganya Dimulai Rp 47 Jutaan!

Setelah diperkenalkan dua tahun lalu di ajang Auto Expo 2014 masih berupa konsep , Datsun  Redi Go siap diluncurkan di negeri India. Mobil murah yang merupakan produk kedua hasil kerjasama Nissan - Renault Alliance ini menggunakan platform yang sama dengan Renault kwid. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya produksi.

Tampilan depan Redi Go versi produksi ini tidak jauh berbeda dengan versi konsepnya. Grill depan model hexagonal krom dengan emblem datsun berwarna biru di bagian tengahnya dan diapit dengan desain lampu utama yang terlihat tajam dibagian sudutnya . Datsun menyebut mobil Redi Go sebagai sebuah Urban Cross karena masih memiliki DNA SUV yang didapat dari platform yang sama dengan Renault Kwid


Datsun Redi Go Indonesia
foto:autocarindia
Lampu DRL terpisah dari lampu utama dan bemper depan dengan warna silver membuatnya terlihat seperti crossover.

Tampilan sampingnya terlihat modern dengan garis tajam pada lekukan bodinya dari bagian bawah pintu depan hingga fender bagian belakang membuatnya terlihat lebih tinggi. Velg berukuran 13 inci dengan dop untuk menghemat biaya produksi. Spion tidak dilengkapi dengan lampu sign.

Sedangkan garis tajam atas dari depan hingga bagian lampu belakang juga menambah karakter urban crossover. Ground clearance tergolon tinggi untuk sebuah hatchback yaitu 185 mm. Perbedaan kecil dari versi konsep terdapat pada model spion, bemper depan, lampu depan dan belakang.



Bagaian buritannya juga cukup mewah untuk mobil dengan harga murah ini, serupa dengan bagian depan, bemper bawah belakang juga menggunakan warna silver. Lampu belakang dengan model bumerang dan terlihat lebih bagus dari Datsun Go

Interiornya terlihat sederhana namun lebih bagus dari varian Datsun GO dengan, dashboard berwarna abu-abu dilengkapi dengan panel dashboard, dan head unit single din serta terlihat banyak ruang untuk penyimpanan dibawah dashboardnya.

foto:autocarindia
Jok menggunakan bahan fabric yang sama dengan dashboard yaitu abu-abu dengan corak dibagian tengahnya. Jok dan headrest juga menyatu, seperti Mobilio. Klaim datsun, mobil ini menawarkan ruang kaki terbaik dikelasnya, kursi belakang luas, dan visibilitas terbaik di kelasnya.

Sedangkan bangku belakang juga masih cukup luas dengan leg room dan head room yang memadai untuk orang dewasa tinggi 165 cm, namun garis kaca jendela samping baris kedua agak tinggi sehingga mengganggu visibilitas penumpang ke arah luar.

Juga terdapat tempat penyimpanan smartphone yang juga berdekatan dengan port charging. Datsun Redi Go juga dilengkapi dengan audio sistem biasa yang hanya bisa memutar CD, Radio dan MP3. Ventilasi AC dengan desain bulat cukup lah, walaupun gak terlalu canggih tanpa touch screen.

Glove box berukuran kecil juga ada pada bagian sisi penumpang yang berfungsi untuk penyimpanan barang. Sedangkan kapasitas bagasi belakang berukuran 220 liter.

Fitur lainnya juga ada airbag pada bagian pengemudi, dan meskipun murah, Datsun memberikan fitur power steering dan power window pada Redi Go ini.

Pada bagian mesinnya, Datsun Redi Go mengandalkan mesin tiga silinder I-SAT 800 cc  yang dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Mobil murah ini sanggup melontarkan daya bertenaga 54 hp dengan torsi 72 Nm. Mesin tersebut diklaim bisa menempuh jarak yang cukup fantastis yaitu 25,17 km untuk 1 liter bahan bakar. Mantap nih, ampir sama dengan motor matic lawas. Mobil ini juga diklaiom mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 15,9 detik.

Untuk pilihan mesin berkapasitas 1000 cc dan transmisi AMT seperti Renault Kwid mungkin akan ditawarkan juga. Berikut video first impression yang diambil dari Autocar India



Di India, Datsun Redi Go akan berhadapan dengan Maruti Alto 800 dan Renault Kwid yang juga menggunakan platform yang sama dengan Redi Go.

Datsun Redi Go hadir dalam lima tipe yaitu:
- Datsun Redi Go Tipe D dijual dengan harga 238.900 rupee atau sekitar Rp.47,6 juta.
- Datsun Redi Go Tipe A harganya  282.649 rupee setara dengan Rp.56,3 juta
- Datsun Redi Go Tipe T dengan banderol 309.149 rupee atau Rp.61,5 juta
- Datsun Redi Go Tipe T Option harganya 319.399 rupee atau sekitar Rp 63,6 juta
- Datsun Redi Go Tipe S diharga 334.399 rupee atau Rp.66,6  juta.

Di India, mobil murah ini memiliki pilihan warna perak, putih, merah, abu-abu, dan hijau. Jika masuk ke indonesia, tentu akan sedikit lebih mahal karena pajak dan lain sebagainya.

Mau tahu first drivenya, cek video dari autocar India berikut ini:



Dengan harganya yang murah tersebut, sejumlah dealer Datsun di India kebanjiran pemesanan Redi-Go ini. Tercatat pada tanggal 3 mei 2015 sudah ada 150 unit pertama untuk konsumen yang memesan . Mobil murah datsun ini rencananya akan jatuh ke tangan konsumen pada Juni 2016.

Tentunya dengan harga yang lebih murah, akan ada penyunatan pada beberapa fitur terutama pada bagian interior seperti sistem infotainment touchscreen dan instrument cluster digital.

Kapan masuk ke Indonesia? Menurut pihak Datsun Indonesia menytakan bahwa untuk saat ini pihaknya belum ada rencana untuk memboyong Datsun Redi-Go ke Indonesia, karena masih mempelajari pasar dan juga mengatur strategi apakah mobil ini cocok di Indonesia.

Selain itu Datsun  malah akan menghadirkan crossover terbaru mereka yaitu GO-Cross dengan spesifikasi mesin yang tidak jauh berbeda dengan Datsun GO maupun GO+ dan masuk dalam kategori LCGC.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Datsun Redi Go Diluncurkan, Harganya Dimulai Rp 47 Jutaan!"

  1. harganya gak kemurahan tuh gan ? apa emang dibuat murah tapi ada kelemahannya

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/memilih-antara-kijang-innova-generasi-terbaru-atau-lama/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada rupa ada harga gan, dah diupdate tuh harganya :)

      Delete
  2. kapan ya, itu mobil nongol di bandung ?
    atau mobnas kita bisa bisa menyaingi harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blom tau om, soalnya baru di India beredarnya..

      Delete
  3. boleh tuh........buat muter muter belakang rumah.....

    ReplyDelete
  4. boleh tuh........buat muter muter belakang rumah.....

    ReplyDelete
  5. Kapan ya di SURABAYA ada..masuk indo langsung deh order 1,.uda di jelaskan kelemahannya..mangknya hargax segitu,.di Indonesia ini mobil kyak gni pling di Buru keluarga muda..contohnya kyak ayla sma agya..bner2 laris..klo ni mobil masuk indo bisa bersaing dong..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe masi lama kayaknya mba, karena baru diluncurkan di Indonesia, dan harganya pasti bakalan naik kalo dah masuk Indonesia

      Delete
  6. Siap2 buat macet indonesia...apa lagi hemat bbm

    ReplyDelete
  7. Siap2 buat macet indonesia...apa lagi hemat bbm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya kalo di harga segitu bakalan laris manis

      Delete