Loading...

Datsun Cross, Cross Over Murah dengan Desain Kece!

Ketat dan memanas, hal inilah yang terjadi pada mobil di kelas Cross Over di Indonesia. Lihat saja, produsen mobil asal negeri Matahari Terbit semakin ramai menawarkan mobil dengan embel-embe “harga murah” ke masyarakat di Tanah Air.

Di Toyota baru saja menghadirkan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang memiliki kombinasi 7 penumpang dengan banderol 100 jutaan dan siap untuk berhadapan langsung dengan Datsun Go+ Panca yang sudah terlebih dahulu mendapat tempat di hati konsumen Indonesia.

Datsun-GO-Cross-Indonesia

Saat ini, selain Redi Go, Datsun juga sudah menghadirkan crossover murah yang sebelumnya sudah hadir dalam versi konsep di Auto Expo India yaitu Datsun  Cross. Mobil baru dari Datsun ini sudah diluncurkan secara World Premiere di Indonesia pada bulan 18 Januari 2018 dan sudah terlihat lalu lalang di Indonesia

Desain
Datsun Cross memiliki basis yang sama dengan GO +, bagian depan terlihat dengan ciri khas Datsun yaitu gril berbentuk Hexagonal, dipercantik dengan lampu utama projector dan lampu DRL yang terlihat makin keren apalagi dilengkapi dengan lampu kabut. Balutan fender hitam dan list berwarna hitam dan silver makin membuat tampilannya menjadi sporty dan terlihat modern.

Bagian samping dan belakangnya mirip dengan pendahulunya Go Panca, hanya terdapat penambahan body kit dan fender yang menegaskan bahwa mobil ini sebuah crossover dengan ground clearance yang tinggi yaitu 200 mm. Dengan ukuran velg 15 inci dibalut ban 176/65/R15 dengan suspensi yang tinggi.

Datsun-GO-Cross-Indonesia

Bagian samping bodinya terlihat lengkungan yang membuat Datsun Go Cross semakin berotot, sedangkan bagian lampu belakang terlihat minimalis namun kesan gagah masih terlihat pada dengan adanya list bemper berwarna silver atau serat karbon.

Sedangkan bagian belakang sudah dilengkapi dengan lampu LED dan spoiler yang membuatnya semakin terlihat sporty. Bagian atap juga terdapat rack roof yang berfungsi sebagai aksesoris dan juga bagasi tambahan jika diperlukan.

Interior
Beralih ke bagian kabin, Posisi pengemudinya mirip dengan Datsun Go Panca dengan interior yang lebih baik dari pada Datsun Go dengan hadirnya head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi dengan bluetooth dan mirrorlink . Datsun Go Cross ini memiliki 5 seater + 2. Untuk bagian jok paling belakang memang hanya dikhususkan bagi anak-anak. MID juga cukup menarik dengan tampilan menu yang lengkap.

Jok dan headrest menyatu namun masih dalam taraf yang bisa ditoleransi.

Mesin
Mobil crossover ini akan menggunakan dua pilihan mesin yaitu versi bensin dan diesel. Untuk bensin akan memakai mesin yang sama dengan Datsun Go yaitu mesin 3  silinder berkapasitas 1.2 liter dengan tenaga 68 PS untuk versi Manual 5 percepatan dan 78 PS untuk transmisi Matic CVT dengan torsi 104 Nm disalurkan ke roda depan

Datsun-GO-Cross-Indonesia

Fitur dan Harga
Datsun Cross sudah dilengkapi dengan sensor parkir, ABS, EBD + BA, Brake Limited Slio Sifferential (B-LSD), Electronic Stability Control, Spion electric, Vehicle Dynamic Control (VDC) dan lampu otomatis plus fitur Follow Me Home.

Inilah beberapa Review First Drive Datsun Cross dari beberapa sumber terpercaya:

VivaOtomotif: Posisi mengemudi oke untuk ukuran 170 cm, namun kurang nyaman untuk dibawah tinggi tersebut karena setir belum ada fitur tilt steering. Getaran mesin 3 silinder ini sudah berkurang pada saat melaju dibanding Datsun GO. Suspensi terasa agak kaku saat melewati posisi tidur. fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) bekerja baik saat menikung. Untuk CVT masih standar dan kurang responsif.

OtoDriver: Untuk posisi mengemudi kurang ergonomis untuk postur 170 cm karena tidak ada pengaturan tilt steering, telekospic serta headrest yang menyatu dengan jok. Kekedapan kabin lebih baik dari Go karena ada penanmbahan peredam, namun suara mesin saat akseleras dan roda tetap masuk kek kabin. Suspensinya tidak keras dan tidak juga empuk dan gejala limbung juga minim pada saat manuver apalagi dengan adanya fitur VDC. Respon dari transmisi CVT-nya baik dan halus.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 161,49 juta tipe manual dan Rp173,99 juta versi CVT dan mulai dipasarkan pada bulan Maret 2018

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Datsun Cross, Cross Over Murah dengan Desain Kece!"

  1. bakal mahal ni masuk indonesia mah,,, berapa sit nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih 2 seat ini, mungkin bakalan banyak fitur yang disunat jika masuk ke Indonesia. :)

      Delete
  2. wah desainnya keren,,kenapa harus disunat fiturnya untuk indonesia?

    ReplyDelete
  3. Kalo masuk indo, bakal berebut pasar dgn sodaranya / Renault kwid

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bisa jadi bisa jadi, soalnya sama2 murah

      Delete

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!