Bedah Tuntas Renault Kwid, Crossover Murah Rasa Eropa

Renault cukup sukses membuat pecinta otomotif terkejut dengan kehadiran mobil crossover Eropa yaitu Renault Kwid RXT 1.0 SCE dengan harga 100 jutaan, tepatnya Rp 117 juta on the road Jakarta. Padahal di segemen ini mobil bermesin 1.000 cc di Indonesia sudah dikuasai oleh Daihatsu dan Toyota dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Renault Kwid di kirim secara utuh (CBU-Completely Built Up) dari India dengan harga setara LCGC karena menggunakan platform dari model Nissan dan Renault sehingga biaya produksinya lebih murah. Di Indonesia mobil ini hanya memiliki satu varian yaitu RXT.

Seperti apa sih, mobil Eropa dengan harga murah ini? Yuk kita bedah satu persatu:

Desain
Crossover ini memang tidak segagah crossover dengan budget yang bisa 250 jutaan keatas lainnya, namun cukup untuk menggoda pasar Indonesia dengan harga dan kualitas yang ditonjolkannya. Bagian depannya terlihat grill dengan empat buah model rantai memanjang yang mengapit logo Renault di tengahnya. Aura Crossover makin kental list dan fender berwarna hitam serta dilengkapi dengan stiker motif hitam putih di bagian sampingnya.

Renault Kwid Indonesia

Renault Kwid memiliki panjang 3679 mm dan lebar 1.579 mm dengan tinggi 1.478 mm serta ground clearance yang cukup tinggi yaitu 180 mm.

Mobil ini masih menggunakan velg kaleng ukuran 13 inci yang dilengkapi dengan dop motif palang enam. Namun ada hal yang sedikit janggal yaitu, velg ini menggunakan konfigurasi tiga baut, yang kita ketahui sangat jarang ada di Indonesia baik versi OEM dan aftermarketnya. Untuk mengatasi masalah ini, bisa menggunakan adaptor untuk mengkonversi dari konfigurasi 3 baut ke  4 baut yang bisa didapatkan di toko khusus menjual velg. Renault Kwid menggunakan rem cakram di bagian depan serta tromol di bagian belakangnya.

Renault Kwid Indonesia

Beralih  ke bagian belakangnya, lampu belakang yang terlihat biasa saja membulat pada bagian body belakang hingga kesampingnya, serta terlihat bemper warna hitam di bagian bawahnya. Kaca belakang tidak dilengkapi wiper, mungkin untuk menghemat biaya.

Interior
Beralih ke kabin, terlihat jok fabric dan sandaran kepalanya menyatu dengan kombinasi dua warna hitam dan merah. Model jok ini juga digunakan pada Toyota Calya atau Honda Mobilio.

Renault Kwid Indonesia

Bagian dashboardnya berwarna abu-abu sudah tertanam head unit mediaNAV dengan monitor LCD 7 inci dengan fitur GPS, Bluetooth, hands free telephony, USB, AUX, dan speed sensing volume control.

Selain itu terlihat speedometer digital dengan layar berwarna orange yang menyajikan informasi lengkap seperti average speed, konsumsi bbm, jarak pemakaian bbm, dan petunjuk perpindahan gigi. Pada bagian konsol tengah juga terdapat tombol pengunci pintu sertacup holder dan 1 buah power outlet.

Renault Kwid Indonesia

Renault Kwid memang dirancang untuk 5 penumpang. Hal ini terlihat dengan adanya 5 buah safety belt baik di depan dan belakang. Namun sebaiknya agar lebih nyaman disaranakan hanya cocok ditumpangi 4 penumpang berbadan normal plus satu anak kecil.

Mobil ini  juga dilengkapi dengan power window di pintu depan, tombolnya terletak di bawah kenop penyejuk udara. Sedikit janggal memang. Sedangkan pintu belakang masih menggunakan cara manual dengan sistem engkol untuk membuka kaca jendelanya. Pada bagian bagasi cukup luas yaitu 300 liter, selain itu ada tempat ban cadangan di bawah bagasi tersebut.

Fitur
Renault Kwid memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang cukup mumpuni yaitu electric power steering, headunit dengan mediaNAV, immobilizer, remote keyless entry with central locking, auto wiper, air bag di bagian pengemudi dan seatbelt. Kwid sudah diuji dan hanya berhasil mendapatkan 1 bintang di uji keselamatan penumpang, Global NCAP.

Renault Kwid Indonesia

Mesin
Renault Kwid rakitan India ini menggunakan mesin 1.0 liter 3-silinder dengan teknologi Smart Control Efficiency (SCE) ytang diklaim bisa menawarkan efisiensi hingga 25 km/liter. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga 66 Hp  pada @ 5.500 rpm dan torsi 91 Nm @ 4.250 rp, Mesin ini digandengkan dengan  transmisi manual 5-percepatan saja.

Dan rencananya untuk versi matik kemungkinan akan hadir tahun depan. Crossover murah ini memiliki kapasitas tangki sekitar 28 liter. Oh iya, untuk konsumsi BBM-nya, sudah dilakukan pengujian di India dengan mencatat angka 23,1 km/liter. Wah boleh juga nih :)

Untuk tuas transmisinya ada yang berbeda dari mobil umumnya, yaitu pada saat memindahkan ke posisi gigi mundur, yang biasanya ke belakang kanan, pada Renault Kwid malah arah sebaliknya, ke arah depan kanan.

Versi Matik
Untuk di India, Kwid versi matic sudah di luncurkan dan juga sudah diuji konsumsi BBM-nya. Hasil pengujiannya mencatat angka yang cukup irit yaitu 24,4 km/liter. Versi matic Kwid ini menggunakan teknologi AMT yang di Indonesia sudah terlebih dahulu digunakan oleh Suzuki Celerio atau Suzuki Karimun Wagon.

Biar lebih jelas, silahkan cek video yang diambil dari website otomotifnet.com:


Renault Kwid Live For More
Varian ini memang di desain khusus dengan nuansa sporty, dengan body berwarna putih dan diberi balutan aksen garis berwarna merah dan silver pada griil, kap mesin, atap, roof rail, body samping bahkan velgnya juga diberi warna tersebut.

Renault Kwid Live for More


Beralih ke bagian interiornya, warna hitam dengan aksen merah terlihat pada kemudi dan door trim. Sedangkan untuk harganya, mobil dengan desain spesial ini dibanderol INR 2,93 atau setara Rp. 57 jutaan dan saat ini masih untuk pasar India.

Jaringan Servis
Saat ini untuk jaringan servisnya di Indonesia, Renault memiliki 17 bengkel dan dealer resmi yang tergabung bersama Nissan. Renault juga mengaskan bahwa di luar bengkel tersebut, semua bengkel resmi Nissan juga bisa melakukan servis Kwid.

1. Renault Nissan Medan, Amplas
2. Renault Nissan Pekanbaru, Arengka
3. Renault Nissan Lampung, Labuhan Ratu
4. Renault Pantai Indah Kapuk
5. Renault Nissan Radin Inten
6. Renault Nissan TB Siamtupang
7. Renault Nissan Daan Mogot
8. Renault Nissan Gading Serpong – Tangerang
9. Renault Nissan Siliwangi – Bekasi
10. Renault Nissan Yasmin, Bogor
11. Renault Nissan Bandung, Soekarno Hatta
12. Renault Nissan Semarang, Puri Anjasmoro
13. Renault Nissan Solo, Solo Baru
14. Renault Nissan Surabaya, Basuki Rahmat
15. Renault Bali, Denpasar Imam Bonjol
16. Renault Banjarmasin
17. Renault Makassar

Pada awal tahun 2018, Renault rencananya akan meluncurkan dua tipe baru dari KWID . Mobil murah yang dirakit di India ini akan hadir juga dalam versi penggerak bertenaga listrik.

Tertarik untuk meminangnya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bedah Tuntas Renault Kwid, Crossover Murah Rasa Eropa"

Post a Comment

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!