Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Segera Hadir 2017, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya

Gaung tentang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini sudah lama menggema di Indonesia, namun baru sekarang ada konfirmasi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tentang niat mereka ingin menghadirkan mobil low MPV diesel ini ke tanah air di tahun 2017.

Mesin
Ertiga hybrid ini menggunakan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) yang digandengkan dengan mesin diesel berkode D13A Dualjet  berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 88 hp dengan torsi 200 Nm. Namun jika digabungkan dengan baterai dan ISG, tenganya bisa bertambah  menjadi 90 PS dan 200 Nm.

Suzuki-Ertiga-Diesel Hybrid


Teknologi SHVS sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Dan teknologi ini tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem  kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil.

Istilah lainnya adalah mild atau semi hybrid karena perangkat Integrated Starter Genarator yang digunakan tidak serupa dengan generator/motor listrik pada mesin full hybrid, yang bekerja sama atau bergantian dengan mesin utama sebagai daya penggerak mobil.

suzuki ertiga diesel hybrid


Spesifikasi Mesin Suzuki Eriga Diesel SHVS

Tipe mesin : DDiS Diesel Engine  D13A
Displacement : 1.249cc
Number of Cylinders : 4
Number of valves : 16
Fuel distribution : CRDi (common rail direct injection)
Tenaga maksimum : 88,4 hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimum : 200 Nm @ 1.750 rpm
Tipe Transmisi : manual 5 percepatan

Sebelum dipasarkan di Indonesia, yuk kita lihat video reviewnya disini



Fitur
Kelebihan lainnya adalah fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator. Namun untuk transmisi hanya tersedia dalam versi manual. Di India, Ertiga Hyrid di klaim bisa menempuh 24,52 km per liter, irit banget kan ya.

Idle Engine Start-Stop sangat berguna dalam menghemat pemakaian BBM, karena pada saat mobil berhenti pada lampu merah dan persneling netral mesin secara otomatis berhenti dan untuk menjalankan kembali, Anda hanya tinggal menekan pedal kopling.

Selain itu fitur Gear Shift Indicator sangat membantu untuk memberi tahu kapan sebaiknya harus shifting atau pindah gigi, dan tentunya juga akan membuat pemakaian BBM menjadi lebih hemat.

Integrated Starter Generator (ISG) berfungsi untuk menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya. Sehingga torsi semakin baik dan akselerasi juga lebih spontan, namun dengan BBM yang lebih sedikit.

Brake Energy Recuperation memiliki fungsi untuk menyimpan energi kinetik hasil pengereman ke baterai Integrated Starter Generator (ISG). Nah energi dari ISG inilah yang nantinya akan digunakan untuk proses start-stop engine yang tentunya akan membantu akselerasi awal.

Suzuki-Ertiga-Diesel Hybrid


Harga
Dengan kelebihan tersebut, Ertiga Diesel ini akan dibanderol lebih mahal 10% dari Ertiga tipe GX yang saat ini memiliki banderol Ro 224,5 juta. Jadi siap-siap menabung untuk meminang ertiga ini.

Sebagai tambahan informasi, terjadi perbedaan bobot pada Ertiga Diesel yaitu beratnya 1.235 kg hingga 1.265 kg dengan bensin yang memiliki bobot 1.135 kg sampai 1.180 kg. Selisih sekitar 100 kg karena menggunakan mesin yang berbeda. Sementara itu untuk dimensi masih sama.

Jika ada info terbaru akan segera di update..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Segera Hadir 2017, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya"

Post a Comment