Komparasi Mobil Sejuta Umat Indonesia, Avanza vs Mobilio

Pasar mobil di Indonesia saat ini didominasi oleh laris manisnya penjualan kendaraan tipe multi perpose vehicle (MPV). Di segmen yang biasa disebut mobil keluarga ini terdapat beberapa merek yang bermain, sebut saja Toyota dengan Avanza, Daihatsu dengan Xenia, Suzuki dengan Ertiga dan juga Honda dengan Mobilio. Produk-produk tersebut hadir dengan kapasitas 7 penumpang dan dianggap ideal sebagai kendaraan yang digunakan di Tanah Air.



Lantas, kali ini kami akan sedikit membahas perbandingan antara Toyota Avanza dengan Honda Mobilio. Lantas seperti apa perbandingan keduanya? Simak penjelasan berikut ini:

Eksterior

Dari sisi eksterior, perbedaan desain antara Toyota Avanza dan Honda Mobilio tampak mencolok. Soal dimensi, Toyota Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2,655mm. uansa desain Keen Look Toyota kental terasa pada model terbaru Avanza ini. Terlihat bagian eksterior Avanza seperti memadukan berbagai model dari Innova serta Yaris, yang lebih dulu hadir model barunya.

Mobil low multi perpose vehicle (MPV) Toyota ini kini menggunakan desain grille yang berbeda dari sebelumnya. Grille radiator baru empat baris yang dilengkapi dengan lapisan krom membuat Grand New Avanza terlihat mewah dari depan.

Selain itu, bumper dengan desain baru dan lampu kini terlihat lebih ramping dari Toyota Avanza generasi sebelumnya. Menelisik lebih jauh kebagian samping, spesifikasi Grand New Avanza ini kini menggunakan New Side Body Molding dan aksen molding pada bodi samping Avanza ini dapat memberikan kesan mewah nan sporty pada mobil ini.

Untuk Honda Mobilio berbagi basis dengan Honda Brio, karenanya DNA Brio masih sangat kental mengalir di desainnya. Untungnya Mobilio memiliki varian RS yang notabene tak diimiliki Honda Brio, alhasil wajah Mobilio bisa terdongkrak jauh lebih menarik. Pemasangan bumper dengan desain yang menurut kami sangat sporty untuk kasta Low MPV sangat sukses membuat Mobilio lebih tampan. Belum lagi lampu projektornya dikelilingi LED yang mewah. Sementara bagian velg, Mobilio menggunakan allow wheel berukuran 15 inci.



Pada bagian buritan desain lampu utama Mobilio dibuat dengan desain kotak dan lampu rem ditempatkan di bagian pintu belakang. Tampilan desain belakang juga ditambah adanya tail light dibagian atas. Di bagian belakang juga tersemat wiper kaca belakang yang dapat difungsikan saat hujan.

Interior

Pada bagian interior, Toyota mendesain Avanza dengan mengugnakan dua aksen warna disisi dashboard. Secara keseluruhan desain kabin mobil ini tampak elegan dan juga ditambahkan sistem hiburan yang terpusat pada layar sentuh berukuran 6,1 inci.

Sistem hiburan itu dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetood & Ipod ready (untuk tipe 1.5G). Pada bagian cluster mater dibubuhan desain baru dengan New Amber Color Combimeter Design. Segala informasi serta instrumen pada mobil dapat terlihat jelas pada cluster mater mobil ini yang didesain tiga bagian serta model baru steering wheel.

Bangku baris ketiga mobil ini juga memiliki fitur yang dapat di atur 50:50. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan, Toyota menyematkan fitur Cabin Quitness yang dapat meningkatkan kesenyapan hingga meminalisir suara dari luar.

Sementara untuk Mobilio, Honda menghadirkan bahan material yang terbilang cukup lembut dan juga jok dengan desain ergonamis. Hal ini memberikan rasa nyaman sendiri saat berkendara dengan jarak cukup jauh. Pada bagian kemudi Honda Mobilio dilengkapi dengan tilt steering dan panel meter cluster dibuat dengan 3 display meter.

Di tengah bagian dashboard, mobil ini dilengkapi dengn layar sentuh berukuran 6,2 inci yang kopartibel dengan berbagai format musik melalui media seperti AM/FM, CD, DVD, USB Port, iPod/iPhone.

Mobil yang dapat menampung 7 orang ini juga dilengkapi dengan ruang bagasi yang cukup lapang. Desain bagasi dibuat khusus oleh Honda sehingga membuat barang tidak terjatuh apabila kita membuka pintu belakang.

Mesin

Di bagian mesin, Avanza hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan Avanza bermesin 1.500 cc. Mesin baru yang disematkan Toyota pada Avanza dapat menghadirkan pengalaman berkendara baru dengan performa mesin Dual VVT-i.

Sementara untuk Honda Mobilio hadir dengan menggunakan mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter SOHC 4 silinder segaris + DBW. Honda menyatakan mesin ini mampu menghasilkan 118 tenaga kuda pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm.

Kesimpulan:

Kehadiran Honda Mobilio yang diperkenalkan pada tahun 2013 lalu berhasil menggoyahkan penjualan Toyota Avanza yang dikatakan sebagai mobil sejuta umat. Di tahun pertamanya, Honda menyatakan mampu menjual 70 ribu unit Mobilio. Sementara pada tahun 2015 lalu, Toyota mengklaim bila pihaknya berhasil menjual satu juta unit Avanza sejak diperkenalkan pada 2004 silam.

Secara tampilan, Avanza hadir dengan desain bodi yang boxy sementara Mobilio terlihat hadir dengan desain yang lebih segar. Pada bagian mesin juga Avanza mampu meletupkan daya hingga 96.5 PS sementara Honda Mobilio 118 PS.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Komparasi Mobil Sejuta Umat Indonesia, Avanza vs Mobilio"

  1. Replies
    1. hehe bener juga sih om :D

      Delete
    2. iya mas. ditunggu update nya mas tentang mobil yg tren sekarang :D

      Delete
  2. Thanks infonya sangat membantu. Ditunggu update terbarunya

    ReplyDelete