Honda PCX Lokal Siap Salip Yamaha NMAX?

PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya akan segera menghadirkan skuter bongsor Honda PCX versi lokal yang akan terlebih dahulu di perkenalkan di Tokyo Motor Show yang digelar Oktober 2017 mendatang. PCX ini tentunya dirakit di Indonesia dan bisa jadi sebagai produk global yang siap ekspor.

Yamaha NMAX vs Honda PCX

Hadir di segmen scooter maxi tentunya akan bersaing dengan Yamaha NMAX yang sangat sukses penjualannya di Tanah air. Suksesnya penjualan Yamaha NMAX karena dirakit di Indonesia sehingga harganya yang murah dan jauh lebih murah dari harga Honda PCX. Lihat saja untuk Honda PCX CBU dari Vietnam harus merogoh kocek sekitar 40 jutaan, sementara NMAX yang termahal bisa dibawa pulang dengan harga 30 jutaan saja.

Dengan hal seperti ini tentunya konsumen lebih memilih NMAX ketimbang PCX. Sehingga Honda berniat untuk merakit honda PCX di Indonesia dan tentunya akan bersaing secara harga, namun menurut info yang beredar, harga Honda PCX lokal ini tetap akan lebih mahal sedikit dari NMAX sekitar 30 jutaan lebih sedikit.

Waduh tetap masih mahal Honda ya? Kira-kira kalo hadir PCX lokal bisa gak ya mengimbangi penjualan Yamaha NMAX? Kita lihat saja dan tunggu tanggal mainnya :)

Namun untuk mengalahkan Nmax sepertinya Honda PCX harus berbenah lebih baik lagi dari versi sebelumnya. Kira-kira apa saja yang harus di ubah?
  • Pertama, yaitu sistem pengereman Cakram pada roda belakang serta fitur ABS. Karena dua fitur ini sudah hadir pada Nmax
  • Panel MID juga harus mendapatkan improvement, lihat Nmax sudah menyajikan panel yang lengkap dengan model digital dan modern.
  • Berat atau bobot perlu diperbaiki juga, jika dibandingkan dengan NMAX, selisih beratnya hanya 4kg saja. NMAS 127 kg, sedangkan PCX 131 kg. Hal ini tentu akan memudahkan dalam hal pengendalian serta konsumsi bahan bakar.
Honda PCX Listrik dan Hybrid Hadir di Tokyo Motor Show

Pada gelaran Tokyo Motor Show, Honda pamerkan motor PCX versi Elektrik menggunakan motor dengan baterai jenis Li-ion bertenaga 0,98 kW. Selain itu juga ada motor PCX versi hybrid, menggunakan hybrid lithium ion untuk menghasilkan daya tenaga pada mesin bensinnya. Kedua motor Honda ini masih dalam tahap pengembangan, dan rencananya akan diluncurkan ke pasar Asia dan Jepang pada awal tahun 2018.

Fitur pada Honda PCX Hybrid yang perlu diketahui
  • Teknologi hybrid pada motor ini bekerja dengan dua sumber tenaga, yaitu mesin bensin berkubikasi 150 cc dan motor listrik.
  • Fitur starter ACG untuk membantu PCX mengeluarkan torsi yang besar.
  • Fitur Idling Stop System serta lampu depan sudah menggunakan LED di percantik dengan DRL memanjang dari lampu tengah hingga ke bagian tepi.
  • Speedometer teerdapat icon untuk pengisian baterai untuk menampilan daya pakai baterai lithium.
  • Panel indikator juga menampilkan berbagai display sepert pengatur lampu jauh, lampu sein dan klakson serta tombol lampu hazard dan tombol engine stop yang diperuntukan bagi keamanan saat kecelakaan.
  • Pada bagian Velg menggunakan ukuran 14 inch, sementara NMax hanya berukuran 13 inchi

Fakata seputra Honda PCX Listrik yang perlu diketahui

Honda PCX Listrik

  • PCX listrik memakai Honda Battery Power Pack hasil pengembangan pabrikan dengan logo sayap ini.
  • Baterainya swappable (dapat dicabut dan diganti) dengan mudah dan dapat di charge, dan posisinya ada dibawah kursi sehingga tidak memakan tempat yang terlalu banyak
Namun kabarnya, Honda masih mempertimbangkan untuk menjegal langkah Nmax dengan menghadirkan pilihan yaitu antara PCX Lokal atau Forza 150 yang juga dirakit di Indonesia

Subscribe to receive free email updates: