Inilah Perbedaan Tipe Wuling Confero di Indonesia

Wuling langsung menggebrak dunia per-otomotif-an di Indonesia dengan menghadirkan MPV terbaru mereka di Indonesia yaitu Wuling Confero. Dan yang lebih mengejutkan lagi harganya sangat-sangat murah untuk sebuah mobil MPV. 128 jutaan! Wow sungguh menggoda konsumen yang mendambakan sebuah MPV yang bisa angkut 7 penumpang dengan harga miring meskipun buatan negeri China bahkan mobil China lainnya juga masuk di Indonesia yaitu Sokon Glory 580 yang bermain di kelas SUV.

perbedaan tipe Wuling Confero s

Dengan mesin yang cukup mumpuni yaitu mesin 4 silinder 1.485 cc DOHC yang bisa menghasilkan tenaga 107 dk di putaran 5.800 rpm dan torsi maksimum 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm dengan pilihan transmisi Manual dengan penggerak roda belakang, sama dengan Avanza/Xenia. Sebagai perbandingan mesin Avanza 1.5 G ternyata memiliki tenaga yang lebih rendah yaitu 102 dk @ 6.000 rpm dengan torsi 136 NM.

Berikut perbedaan tipe Wuling Confero yang dijual di Indonesia:

1. Wuling Confero 1.5 merupakan tipe terendah yang dibenderol dengan harga Rp 128,8 juta. Bagian eksteriornya dilengkapi dengan spoiler belakang yang berwarna hitam, velg kaleng 14 ichi dengan dop, handle pintu dicat sewarna body. Tersedia headunit single DIN, Jok dengan bahan fabric dengan konfigurasi 2-3-3, head rest terpisah, terdapt colokan usb, power window otomatis untuk pengemudi, ISOFIX, auto door lock, child safety lock dan sistem lock bagasi elektrik.

Perbedaan Tipe Wuling Confero  s

2. Wuling Confero S 1.5 C ini adalah tipe menengah. Harganya ada di Rp 150,9 juta. Kelengkapannya sama dengan tipe terendah ditambah dengan spoiler belakang sewarna dengan bodynya, side guard berwarna hitam, bumper depan belakang dengan aksen hitam, head lamp bisa diatur ketinggiannya, sudah terdapat LED DRL, spion dengan lampu sein, wiper belakang dan roof rail. Velgk alloy berukuran 15 inchi. Untuk headunit sudah double DIN. Bagian jok terdapat dua pilihan konfigurasi yaitu 2-3-3 atau 2-2-3 (captain seat), jok juga dibalut dengan bahan semi kulit. Fitur AC Double Blower, spion elektrik, remote otomatis untuk membuka kaca, kunci mobil dengan model lipat. Fitur keamanannya adalah electronic anti theft system,  4 points rear parking sensor, Collision auto-lock dan dual SRS airbags.

Perbedaan Tipe Wuling Confero

3. Wuling Confero S 1.5 L ini merupakan tipe termevvah dengan harga berkisar Rp 162,9 juta. Kelengkapan sama dengan tipe menengah ditambah dengan panel krom di handel pintu dan list kaca. Headunit 8 inchi dengan sistem touch screen. Jok dibalut dengan bahan semi kulit konfigurasi kapatain seat (2-2-3). Fitur lainnya adalah immobilizer, 2 titik sensor di bumper, Steering audio control, Tire Pressure Monitoring System dan serta ABS+EBD.

Beda Confero 7 Seater dan 8 Seater

Sebagai tambahan jika pembeli mau aplikasi model captain seat dan jok kulit harus menambah sekitar 3 juta dan berlaku untuk varian tertinggi saja. Nah gimana udah hafal dengan perbedaannya, sekarang saatnya tentukan pilihan sobat. Perlu diketahui ternyata yang udah SPK dibulan September 2017 sudah lebih dari 2.000 Unit lebih.

Lihat video reviewnya disini:


Konsumsi BBM Wuling Confero

+ Versi Facebooker 1: dengan metode Full fo Full dengan jarak tempuh 102 km menghabiskan sekitar 7 liter Pertalite sehingga tercatat 14.5 km per liter dengan full penumpang 9 dewasa + 2 anak kecil. AC Double Blower nyala, melewati rute lancar. Untuk kecepatan tidak diketahui.

+  Versi Facebooker 2: Metode Full to Full isi Pertamax 33.48 L bisa menempuh jarak 460 km
Atau dihitung sekitar 13.8 km/liter. Rute campuran Dalkot. Sedangkan jika menggunakan pertalite cuman bisa dapat 11.8 -12.4 km/liter dengan rute yang sama.

Secara umum, konsumsi tersebut tidaklah terlau boros, ya standar sih untuk ukuran low MPV sekelasnya. Sedangkan dari sebuah rekaman yang bereda di Facebook, Wuling Confero S ternyata bisa mencapai 159 km/jam di panel speedometer, namun dari pernyataannya sang pengetest bahwa setirnya sangat ringan.

Selain Wuling, satu lagi mobil yang jadi fenomenal pada tahun ini adalah Mitsubishi Xpander yang juga penjualannya semakin laris bisa tembus indent atau SPK hingga 5000 unit pada saat event GIIAS 2017 lalu.

Wuling Confero 1.200 cc dibanderol dengan harga  Rp 78 juta hingga Rp 104 juta?

Info terbarunya Wuling Confero dan Confero S akan hadir dengan pilihan mesin 1.200 cc yang tentunya nanti akan membuat mobil dikelasnya akan ketar-ketir yaitu Calya-Sigra dan Datsun Go Plus yang juga bermain di mesin 1.200 cc ini.

Harga Wuling Confero S 1.2 juga tertera di informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) pada website Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Disana tertera harganya Wuling Confero S 1.2 (4x2) MT yaitu Rp 78 juta. Beda 10 juta saja dengan tipe Wuling Confero S 1.2C (4x2) MT dengan harga jual Rp 88 juta. Harga ini tentunya belum termasuk penambahan pajak dan biaya lainnya.

Namun harganya Wuling Confero S 1.2 (4x2) MT yaitu Rp 78 juta hanya terpaut 3 juta dengan harga dengan Wuling Confero 1.5 (4x2) MT dengan harga Rp. 81 juta. Sehingga kemungkinan untuk tipe mesin 1.2 dijual dengan harga berkisar Rp 125 jutaan - 135 jutaan.

Selain itu Wuling juga sedang menyiapakan pesaing Toyota Innova dengan harga murah dan fitur yang mumpuni dikelas in yaitu Wuling Cortez.

Lalu bagaimana dengan first Impression dari Wuling Confero ini? Berikut beberapa catatan yang dirangkum dari berbagai media:
  • Mobil 123 : 
- Kabin Wuling Confero menjadi yang terbesar di kelasnya, karena sampai baris ketiga masih nyaman untuk orang dewasa dengan tinggi 172 cm.
- Suspensi masih nyaman, walaupun duduk di baris ketiga.  Captain seat untuk Confero S sangat nyaman.
- Posisi pengemudi juga memiliki pandangan yang luas, kemudi juga bisa diatur ketinggiannya.
- Tombol dashboard mudah dijangkau/user friendly
- Perpindahan gigi Wuling Confero S tergolong smooth dengan pedal kopling yang terasa ringan.

Secara garis besar bisa kita tarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan Wuling Confero ini, apa saja itu? Mari kita bahas secara mendalam.

Kelebihan Wuling Confero:
  • Harga termurah dikelasnya yaitu 128.8 juta untuk tipe termurah. Perbandingan bisa dilihat untuk Avanza dan Ertiga tipe termurah berkisar di 180 jutaan. Sedangkan tipe Wuling tipe tertinggi yaitu Confero S hanya 162,9 juta, sementara harga pesaingnya sudah mencapai 220-230 jutaan untuk tipe tertinggi.
  • Fitur Lengkap walaupun dengan harga lebih murah dari kompetitornya. Hal ini bisa dilihat pada fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang hanya ada pada mobil Eropa. Selain itu ada adjustable projector headlight dengan fitur follow me home. dan fitur lain yang sudah disebutkan diatas.
  • Mesin memiliki tenaga yang lebih baik di kelasnya yaitu 107 PS dan torsi puncak 142 Nm. Sedangkan pesaingnya seperti Toyota Avanza hanya 104 PS dengan torsi 135 Nm.
  • Mesin Wuling ini diadopsi dari Chevrolet yang sudah teruji kualitasnya.
  • Garansi panjang yaitu 5 tahun atau 100.000 km untuk komponen utama mesin dan transmisi Confero, sedankan pesaingnya hanya  3 tahun atau 90 ribu km saja.
  • Model jok captain seat, sedangkan Low MPV lain belum ada yang menerapkannya.
  • Membuka semua kaca jendela dengan menggunakan remote saja (ditekan 2x tombol unlock) dari jarak jauh, yang berfungsi untuk menghilangkan panas di dalam mobil sebelum digunakan.
  • Bagasi belakang juga bisa dibuka dengan menggunakan remote, sehingga lebih praktis dan cepat.
  • AC double blower sudah menggunakan tombol digital, fitur yang jarang pada mobil sekelasnya.
  • Ada sensor parkir bagian depan pada confero, fitur ini berfungsi pada saat parkir, sehingga makin presisi dan mudah karena terlihat jarak dengan benda di depan nya pada head unit.
  • Ketebalan pelat body 0,6-0,8 mm.
  • Ban depan dan belakang menggunakan cakram.
  • Lampu depan sudah dilengkapi dengan projektor.
Ada kelebihan, tentunya ada juga kekurangan Wuling Confero ini, apa saja?
  • Spare part yang masih sedikit dan jaringan masih sedikit, namun hal ini mungkin perlahan akan bisa teratasi seiringnya waktu.
  • Pilihan transmisi otomatis belum ada sampai saat ini, hanya khusus manual saja sehingga hal ini bisa menjadi PR bagi Wuling untuk kedepannya.
Bagaimana jika Confero ini dibandingkan dengan Avanza secara data? Berikut ulasannya:
  • Harga
Toyota Avanza saat ini dibanderol dengan harga Rp 190,450 juta sampai Rp 220,6 juta OTR. Sedangkan untuk Harga varian Veloz berkisar dari 221,1 juta hinnga 243,9 jutaan. Sementara itu Wuling hanya Rp 128,8 juta sampai Rp 162,9 juta OTR daerah Jakarta.
  • Mesin
Avanza hadir dengan mesin berkpasitas 1.300 cc dan 1.500 cc, sedangkan Confero saat ini hanya memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc. jika dibandingkan dengan Avanza 1.500 cc, tenaganya masing unggul Wuling dengan tenaga 107 hp dan torsi 142 Nm, sedangkan Avanza memiliki  tenaga 102 hp dan torsi 136 Nm.
  • Transmisi
Untuk transmisi, Avanza lebih unggul karena memiliki pilihan manual 5-speed dan matic 4-speed, sedangkan Confero hanya manual saja. Kedua mobil ini menggunakan jenis penggerak roda belakang atau Rear Whell Drive (RWD).
  • Dimensi
Dengan panjang 4.493 mm, dengan lebar 1.691 mm, tinggi 1.730 mm dan wheelbase 2.720 mm, serta ground clearance 205 mm, Wuling menawarkan kabin yang lebih luas dari Avanza yang hanya memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.655 mm serta  ground clearance, Avanza memiliki tinggi 200 mm.

Bagaimana dengan Biaya perawatan Wuling Confero ini?

Saat ini Dealer Wuling sudah ada sekitar 45-50 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah. Selain itu Wuling juga masih memberikan free ongkos jasa service untuk perawatan berkala hingga 50 ribu kilometer atau setara dengan 7 kali service atau dalam waktu 2,5 tahun, mana yang tercapai lebih dulu nantinya.

Menurut survey internalnya, Biaya servisnya dan harga suku cadang tergolong murah 20 persen dari kompetitor, jika dihitung biaya per sekali servis dalam kategori perawatan berkala adalah sekitar Rp 400 ribuan atau sekitar Rp2,8 juta untuk jangka waktu 2,5 tahun.

Jika ada info terbaru akan segera di update.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: