Loading...

Harga dan Spesifikasi Wuling Cortez 1.5 dan 1.8 di Indonesia

Setelah menghadirkan Confero, ternyata Wuling juga akan meluncurkan produk kedua mereka yaitu Baojun 730 yang di versi Indonesia namanya diganti dengan Wuling Cortez, pada awal tahun depan. Nama yang cukup lumayan oke daripada Baojun menurut Saya. Saat ini Wuling sedang melakukan pengujian di Indonesia. Selain itu mobil China lainnya juga hadir di Indonesia yaitu Sokon Glory 580 yang pastinya ditawarkan dengan harga lebih murah.

Saat ini jika ingin melakukan pemesanan Wuling bisa dengan booking pada bulan Desember, cukup dengan booking fee sebesar Rp 1 juta dan juga mendapat promo khusus berupa after sales voucher senilai Rp 3 juta serta perpanjangan masa garansi umum kendaraan menjadi 5 tahun, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Atau bisa kunjungi http://wuling.id/id/cortez untuk pemesanannya.

Berikut harga Wuling Cortez On the Road (OTR) Jakarta dari semua tipe yang ada:
  • Wuling Cortez 1.5 S MT Rp 193,8 juta 
  • Wuling Cortez 1.5 C MT Rp 203,8 juta
  • Wuling Cortez 1.8 C 6 AMT Rp 220 juta
  • Wuling Cortez 1.8 C AMT Rp 230 juta
  • Wuling Cortez 1.8 C Luxury + 6 MT Rp 235 juta
  • Wuling Cortez 1.8 L Luxury 6 MT Rp 258 juta
  • Wuling Cortez 1.8 L Luxury AMT Rp 268 juta
Wuling Cortez Indonesia
Harga dan Spesifikasi Wuling Cortez

Dengan mesin yang memiliki kapasitas yang dibawah Innova yaitu 1.800cc VVT-i TECH bensin yang memiliki tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dan AMT 6 percepatan dualclutch dari BrogWarner. Transmisi otomatis ini diklaim lebih cepat 0,2 detik pada saat perpindahan gigi sehingga minim hentakan hemat bahan bakar. Sedangkan Wuling Cortez diklaim memiliki konsumsi BBM yang cukup irit yaitu 14 km per liter.

Selain perpindahan yang lembut dan tanpa slip, transmisi i-AMT ini tidak menggunakan pelumas sehingga ongkos perawatannya juga lebih murah dari pada otomatis konvensional. Transmisi i-AMT ini dikembangkan oleh Aisin-Warner, yang terkenal sebagai pemasok drivetrain untuk hampir semua jenis mobil baik Eropa dan Jepang. Bagian yang di improve adalah TCM (Transmission Control Module? yang bergungis untuk mengatur  clutch motor, shift motor, dan selector motor sehingga mendapatkan output dengan performa prima.

Wuling Cortez juga hadir dengan dua pilihan mode berkendara yaitu Eco dan Sport yang biasanya fitur ini ada pada mobil-mobil premium.

Selain itu Wuling Cortez ini di negara asalnya, China juga menghadirkan mesin berkapasitas 1.5L dengan turbo sehingga bisa menghasilkan tenaga sebesar 147 Hp dan torsi 230 Nm dan saat ini untuk harganya sekitar Rp 203 jutaan.

Untuk pasar Indonesia, sepertinya juga akan hadir Cortez 1.5 namun bukan versi diesel melainkan menggunakan mesin bensin miliknya Confero dengan transmisi Manual yang tentunya menjadi pesaing untuk Low MPV di kelasnya

Spesifikasi Wuling CortezHarga dan Spesifikasi Wuling Cortez
Harga dan Spesifikasi Wuling Cortez

Mobil ini digadang-gadangkan sebagai pesaing Innova? Wow, karena memiliki dimensi yang besar dan wheelbase yang sama dengan Innova yaitu 2.750mm, panjang 4.685 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.745mm.

Harga dan Spesifikasi Wuling CortezSpesifikasi Wuling Cortez/Baojun 703

Wuling Cortez ini memiliki fitur yang canggih dan lengkap seperti electronic parking brake, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, electronic brakes force distribution (EBD), all auto power window, 6 buah airbag, auto rain sensor, light sensor, AC digital serta fitur hiburan yang dilengkapi dengan head unit iDrive. Selain itu ada untuk panel dashboard sudah dilengkapi dengan MID dengan layar TFT besar.

Spesifikasi Wuling CortezHarga dan Spesifikasi Wuling Cortez / Baojun 370Spesifikasi Wuling Cortez

Tidak cukup sampai disitu saja, Wuling Cortez ini juga memberikan kelengkapan lain seperti:
- Fitur sunroof yang belum dimiliki oleh mobil sekelasnya.
- Roda kemudi sudah dilapisi dengan jok kulit.
- Fitur cruise control
- Jok juga dilapisi dengan kulit dan sudah ISOFIX.
- Bagian panel dalam kabin juga dilengkapi dengan material soft touch
- Jok baris kedua menggunakan model captain seat dengan sistem elektrik dengan layout tempat duduk 2+2+3.
- Bagasi juga lega, bahkan saat diisi full penumpang masih muat  3 koper besar berukuran 20 inci.
- Suspensi yang nyaman karena diklaim mengadopsi teknologi yang dikembangkan Lotus.
- Fitur Tire Pressure Motoring System (TPMS) sebagai indikator tekanan angin ban dan memberikan peringatan jika tekanan angin tidak pas dan berkurang.
- fitur Automatic Vehicle Holding (AVH) sangat berguna dijalan tanjakan.
- Transmisi i-AMT juga hadir dengan 2 driving mode, yaitu E dan S yang atau disebut mode Eco dan mode Sport.

Biar lebih komplit, berikut perbandingan antara Wuling Cortez dan Innova dari berbagai aspek:
  • Baojun 730 memiliki panjang keseluruhan 4.685 mm berbanding Innova yang 4.735 mm
  • Baojun 730 memiliki lebarnya 1.785 mm berbanding 1.830 mm dengan Innova
  • Baojun 730 memiliki tinggi 1.745 mm dan Innova 1.795 mm. terpaut 50mm.
  • Wheelbase kedua mobil ini sama yaitu 2.750 mm. 
  • Baojun 730 hadir dengan mesin 1.5 liter dan 1.8 liter, Innova dengan mesin mesin 2.0 dan 2.4 liter, untuk tenaga jelas innoga lebih unggul.
  • Baojun 730 menggunakan penggerak roda depan (FWD), sedangkan Innova dengan penggerak roda belakang (RWD)
  • Baojun punya fitur yang tidak ada pada Innova seperti pemanas spion, roof rack dan sunroof elektrik, cruise control, On-Touch Anti-Pinch Power Window.
  • Baojun 730 dibanderol di negeri asal dengan harga Rp 140 hingga 180 jutaan, sedangkan Inova Rp 298,7 hingga 453,8 juta. 
Dibawah ini adalah rangkuman test drive yang diambil dari beberapa media yang sudah menguji Wuling Cortez ini di Sirkuit Sentul:
  • Tempo.co: Kabin depan terasa luas dan lega bagi kaki, interior berkelas dan terasa mewah apalagi ditambah dengan sunroof yang dilengkap dengan remote untuk membuka dan menutupnya. Namun untuk bahan sunroof kurang tebal. Sistem Pengereman cukup baik apalagi dengan rem cakram pada bagian belakang dan depan.
Berikut beberapa foto spyshot Wuling Cortez yang terlihat lalu lalang di daerah Bandung pada tanggal 3 Nov 2017 hasil jepretan dari salah satu pembaca Autoreviewmobil yaitu om Kris.

Spesifikasi Wuling CortezSpesifikasi Wuling Cortez
Spesifikasi Wuling Cortez
Pic: Om Kris
Berikut video first impression Wuling Cortez dari otodriver.com:

Wuling Cortez ini akan hadir dengan 5 tipe yaitu dengan kode C untuk tipe terendah dan L untuk tipe tertinggi. Berikut daftar harga resmi Wuling Cortez On the Road (OTR) Jakarta:
  1. Wuling Cortez 1.8 C M/T : Rp 218 Juta
  2. Wuling Cortez 1.8 C AMT : Rp 228 Juta
  3. Wuling Cortez 1.8 C Lux+ AMT: Rp 233 Juta
  4. Wuling Cortez 1.8 L Lux+ M/T: Rp 254 Juta
  5. Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT : 264 Juta
Harga ini tentu sangat berbeda jauh dari Innova. Lihat saja jika dibandingkan dengan Innova tipe Innova 2.0 Q A/T dengan harga Wuling Cortez 1.8L Lux+ AMT tipe tertinggi juga. Terdapat selisih Rp 139,5 juta! Wow harga murah, fitur berlimpah.

FYI, Baojun 730 atau Cortez sudah pernah diuji tabrak pada tahun 2015 oleh China New Car Assessment Program (China NCAP) dengan hasil yang sempurna yaitu 5 bintang. Pengujian ini dilakukan dari sisi depan, samping, belakang dan semua perangkat seat belt dan kantung udara bekerja dengan lancar.

Review dan Test Drive Wuling Cortez

-  Autonetmagz: Untuk perpindahan transmisi i-AMT terasa kasar dan menghentak. Suspensi pada saat menhantam lubang terasa agak stiff namun nyaman atau bisa dikatakan mirip dengan mobil Eropa. Pada saat menanjak, mengggunakan posisi M, masih sanggup melewati rute ini. Engine break pada saat jalan menurun berfungsi dengan baik namun pedal rem agak keras sehingga susah untuk ditakar. Pada kecepatan tinggi setir mulai memberat. Untuk suara mesin masih terasa masuk ke dalam kabin apalagi pada kecepatan tinggi. Pada saat kecepatan tinggi, bangku baris ketiga masih terasa nyaman.

Berikut beberapa Review konsumsi BBM Wuling Cortez yang dirangkum dari berbagai media di Tanah Air:

* Autonetmagz: Menggunakan Cortez bertransmisi i-AMT melakukan perjalanan dari dengan kondisi mencatat 11,4 km untuk rute bervariasi dalam kota, Sedangkan rute jalan menanjak ke Kawasan Bromo mencatat angka 7,8 km/liter pada MID

* Kumparanoto: Menggunakan Wuling Cortez  1.8L Lux+ i-AMT berisikan 4 orang dewasa dengan Rute Semarang-Bawen dan singgah ke Kawasan Wisata Umbul Sidomukti dengan rute naik-turun bukit layar MID menunjukkan angka 12,1 km/l. Rute Solo - Gunung Merbabu -  Magelang mencatat angka 13,3 km. Rute Magelang-Yogyakarta-Solo dengan kondisi jalan stop and go, macet mencatat 9,9 km/l 

*Versi warganet: Cortez i-AMT berisikan 7 penumpang dengan Rute Pulang pergi Ambarawa - Salatiga - Gemolong - Sragen - Ngawi - Caruban - Nganjuk - Kediri berjarak tempuh 510,3 km mencatat 11,8 km/liter

* Facebooker 1 : Cortez Matic menggunakan metode full to full dalam kota Jakarta bisa 9-10 km/liter, sedangkan luar kota bisa 14-15 km/liter dengan gaya berkendara eco driving pakai Premium.

Sampai sekarang tercatat 600 unit yang sudah pre-booking dan segera dikirim ke konsumen tanggal 9 Februari. Wuling Indonesia rencananya akan menargetkan penjualan Wuling sebanyak 30.000 unit untuk tahun 2018 ini. Menurut sobat pantaskah dibeli dengan harga segitu?

Wuling Cortez 1.500 CC Harganya dibawah Rp 200 Juta

Wuling Cortez bermesin 1.5 resmi dijual ke publik dengan harga Rp 193,8 juta untuk tipe 1.5 S dan Rp 203,8 juta untuk tipe 1.5C. Namun dengan harga ini, ada beberapa fitur yang dihilangkan seperti sunroof, tanpa jok kulit dan juga mesin yang lebih kecil kapasitasnya.

Mesin yang digunakan adalah mesin bensin 4 silinder 1.500 cc dengan tenaga tenaga 110 dk dan torsi 142 Nm yang digandeng dengan transmisi manual 6 percepatan dan berpenggerak roda depan. Sementara untuk yang transmisi otomatis belum ada.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: