Loading...

Inilah Spesifikasi 2 Mobil Esemka Bima dan Digdaya yang Mirip dengan Mobil China

Mobil Esemka sudah lama digaung-gaungkan menjadi mobil Nasional, dan bahkan ada beberapa komentar dari Netizen yang mengatakan bahwa Jika mobil Esemka sudah muncul itu tanda-tandanya dekat dengan Pemilu, ada juga yang menyebut mobil gaib, yang hadir lima tahunan atau juga punya fitur mode stealth, dan lain sebagainya.

mobil Esemka garuda 1
pic: facebook

Baru-baru ini mobil Esemka memang kembali beredar, salah satunya adalah Esemka Garuda yang sudah kami ulas sebelumnya. Dan saat ini pabrik mobil Esemka kembali beroperasi di daerah Boyolali. Tepatnya Desa Demangan, Kecamatan Sambi.  Pabrik atas nama PT Solo Manufaktur Kreasi sudah terlihat berjejer mobil baru jenis pick up dengan warna abu-abu dan putih.

Sebagian netizen ada juga mengatakan bahwa mobil Esemka adalah mobil dari China, hanya emblem saja yang diganti. Berikut beberapa jenis mobil esemka yang mirip dengan mobil China

  1. Esemka Garuda, Mobil ini jika diperhatika secara keseluruhan memang mirip dengan Foday Landford berkapasitas 2400 cc dengan maksimal daya 136 Hp dan torsi 200 Nm. Selain itu mobil SUV ini hadir dalam versi diesel 1900 cc bertenaga 136 hp dan torsi 300 Nm.
  2. Esemka Digdaya, mobil jenis pick-up ini juga mirip dengan mobil china yaitu Foday Lion F22 Pick-up. Mobil ini memiliki kapasitas mesin bensin 2400 cc dan diesel 1900 cc yang diambil dari mesin Mitsibishi. Sedangkan Esemka Digdaya diduga menggunakan mesin diesel 2000 cc dipadukan dengan transmisi manual 4x2
Selain dua mobil diatas, Esemka juga akan memproduksi jenis mobil lainnya, total ada 8 mobil yang akan diproduksi oleh Esemka yaitu: 
  • Esemka Garuda I mesin diesek 2.0 (4x4) MT model SUV
  • Esemka Digdaya mesin diesel 2.0 (4x2) M/T model pick up
  • Esemka Bima mesin bensin 1.3 L (4x2) M/T model pick up
  • Esemka Bima mesin bensin 1.0 (4x2) M/T model pick up
  • Esemka Niaga mesin bensin 1.0 (4x2) M/T model mini bus
  • Esemka Bima mesin diesel 1.8D (4x2) M/T model pick up
  • Esemka Bima mesin bensin 1.3 (4x2) M/T model pick up
  • Esemka Borneo mesin diesel2.7D (4x2) M/T model bus
Saat ini mobil yang sedang produksi adalah mobil jenis Pick up yang sudah berjejer rapi di Pabrik Esemka Boyolali. Semoga mobil ini bisa menjadi kenyataan dan benar-benar karya anak bangsa, tidak hanya hadir pada saat Pemilu saja :)

Esemka Bima diluncurkan dan sudah bisa dipesan

Mobil gaib atau mobil siluman, itulah yang ditudingkan oleh netizen kepada mobil yang baru diluncurkan ini. Dan bahkan ada yang bilang, Mobil Esemka Bima ini merupakan rebadge dari mobil China dengan merek Changan. Namun terlepas dari kontra dan pro soal mobil ini, ada baiknya kita lihat, apa saja sih sepsfikasi dari Bima 1.2 liter dan 1. liter ini yang lahir dari pabrik Esemka di Solo:

Bima 1.2 L mobil niaga berupa pick-up truck dengan bodi kompak. Hadir dengan mesin berkapasitas 1200 cc 4 silinder dengan kode 'E-Power' bertenaga sebesar 97 daya kuda (dk) dan torsi sebesar 119 Nm yang disalurkan ke roda belakang (rear wheel drive) dengan transmisi 5 percepatan.

Adapun dimensi dari Bima 1.2L yaitu panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.840 mm. Sementara itu, jarak sumbu roda (wheelbase) mobil ini mencapai 2.900 mm.

Fitur lampu depan sudah teknologi proyektor meski tanpa lampu kabut (fog lamp). Terlihat spion sewarna bodi dan velg velg kaleng ring 14 yang dibalut ban 175/65/R14. Selain itu fitur lain adalah headunit, dan Multi-Information Display (MID) dan AC.



Bima 1.3L hanya beda mesin saja, yaitu 1.300cc yang menghasilkan tenaga sekitar 85 dk dan torsi maksimum sebesar 105 Nm. Serta beberapa kelebihan dari 1.2 Liter yaitu fog lamp, boks bagasi di bagian belakang memiliki bentuk yang lebih tinggi sehingga kapasitas angkut lebih besar dan diklaim mampu mengangkut beban seberat 1,6 ton.

Setelah diresmikan mobil Esemka mendapat respons tinggi dari masyarakat. mobil niaga Bima sudah bisa dipesan melalui PT Unisat Oto International (UOI) dan Saat ini sudah ada 7 outlet 3S (sales, service, spare parts) untuk produk-produk Esemka. Ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi. Dengan target  outlet hingga akhir tahun. Bahkan Esemka ini rencanannya akan dieskpor ke Timor Leste, Myanmar, dan Myanmar serta Malaysia. Meskipun baru tahap pembicaraan saja.

Bima 1.2L dan 1.3 ini dijual dengan kisaran harga Rp 95 juta - Rp 110 juta off the road.

Esemka Bima Rencana Akan Digunakan oleh TNI AU

TNI Angkatan udara ternyata berminat menggunakan mobil merek nasional pertama Esemka ini sebagai kendaraan dinasnya. Nantinya, Esemka Bima bakal digunakan sebagai mobilitas Skadron Udara dan Skadron Teknik. Saat ini baru dipesan sekitar 35 unit.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Inilah Spesifikasi 2 Mobil Esemka Bima dan Digdaya yang Mirip dengan Mobil China"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tambahan min, Rajawali, mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) yang dibekali mesin 1.600cc dan berkapasitas lima penumpang

    ReplyDelete
  3. harga mobil suv murah - PT Sokonindo Automobile mempertahankan banderol harga yang sama sejak kali pertama diluncurkan. Berikut ini rincian harga lima tipe DFSK Glory 580:

    Harga DFSK Glory 580 1.8L Comfort 5MT: Rp245,9 juta
    Harga DFSK Glory 580 1.5T Comfort CVT: Rp282 juta
    Harga DFSK Glory 580 1.5T Luxury 6MT: Rp295 juta
    Harga DFSK Glory 580 1.5T Luxury CVT: Rp308 juta
    Harga DFSK Glory 580 1.8L Luxury CVT: Rp308 juta (segera dipasarkan tahun 2018)

    Btw, infonya keren om, Salam satu aspal

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap om, mending langsung ngiklan di wesitie ane aja om..hihi

      Delete
  4. kalo ada yg tipe MPV 7-8 Seater, boleh nih dipertimbangkan untuk peremajaan fleet travel ane

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!