Loading...

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ban Mobil Pecah di Jalan

Saat berkendara di jalan terutama di jalan tol dengan kecepatan tinggi dan ban mobil tiba-tiba pecah tentunya akan bisa menyebabkan kecelakaan. Sudah sering hal ini terjadi terutama di jalan tol. Tentunya sebagai pengemudi kita perlu untuk mencegah atau mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika ban pecah ini. Apa saja yang harus kita lakukan, yuk simak tips dibawah ini:

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ban Mobil Pecah di Jalan

1. Jangan Panik atau kendalikan diri dengan cepat apalagi saat mendengar suara yang keras dari bawah ini terutama dari ban mobil Anda. Panik merupakan penyebab kita salah mengambil tindakan, misalnya dengan langsung memutar setir dengan cepat sehingga membuat terjadi kecelakaan.

2. Lepaskan Gas secara pelan-pelan atau bertahap sehingga laju kendaran menjadi berkurang juga sambil menepi ke pinggir jalan sambil melihat situasi lalu lintas saat itu juga

3. Hindari menginjak rem secara mendadak, karena hal ini bisa membuat mobil terbalik atau terguling karena salah satu ban pecah dan membuat mobil dalam keadaan tidak stabil

4. Gunakan Engine Brake daripada menginjak rem, namun harus perlahan dan juga bertahap sampai gigi terendah dan membuat laju berhenti pada kecepatan rendah.
Ini membuat mobil melaju lebih lambat dan dapat berhenti.

5. Tahan dan arahkan setir agar tetap meluncur dengan baik ke arah pinggir jalan, tidak boleh memutar setir secara tiba-tiaba karena bisa membuat mobil terguling.

6. Menepi ke pinggir jalan dengan perlahan dan tetap memperhatikan keadaan sekitar, dengan menggunakan lampu sein atau bisa juga isyarat tangan jika membawa penumpang disamping Anda.

7. Jika sudah menepi, ganti ban yang pecah dengan ban cadangan. Jangan lupa nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman.

Jangan lupa untuk memperhatikan umur ban dan tekanan angin ban Anda, karena hal ini berdampak pada keselamatan penumpang. Semoga bermanfaat ya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan 7 Hal Ini Saat Ban Mobil Pecah di Jalan"

Post a Comment

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!