Loading...

Tips Sederhana Merawat Aki Mobil

Aki mobil perannya sangatlah penting dalam sebuah mobil. Aki sangatlah berguna untuk menyuplai seluruh kebutuhan listrik pada semua komponen mobil. Jadi untuk itu, kondisi aki harus selalu mendapat perhatian dari pemilikinya.

Tips Sederhana Merawat Aki Mobil

Meskipun dalam kenyataannya, aki sering sering diabaikan perawatannya oleh sang pemiliki. Padahal perwatannya pada komponen yang satu ini tidaklah termasuk susah hanya dibutuhkan pebngecekan berkala. Seperti apa perawatannya, simak tipes sederhana merwata aki mobil ini:


  • Biasakan untuk mematikan ssemua alat kelistrikan pada satt mesin mati. Misalnya semua tombol baik AC, lampu kabin di nonaktifkan. Sehingga nanti pada saat di starter, beban aki sanggup menyalakan mesin dengan lancar. Dan juga aki tetap terjaga muatal listriknya.
  • Rutin untuk memanaskan mesin, terutama buat Anda yang jarang menggunakan kendaraan, apalagi yang mobilnya digunakan pada saat weekend saja. Tujuannya untuk mengembalikan daya aki agar terisi kembali.
  • Check level air aki, nah ini khusus bagi yang menggunakan aki basah, tetap menjaga aki tetap terisis jangan sampai habis atau airnya ada di level bawah, karena akan merusak aki itu sendiri dan daya listriknya berkurang. Untuk yang aki kering, biasanya free maintenance untuk soal ni, namun tetap memanaskan mesin mobil secara rutin.
  • Bagian tterminal aki harus dibersihkan jga, karena biasanya ada bekas karat ataupun biasanya kendor, sehingga aliran daya listrik tidak tersambung dengan baik ke komponen lain, bahkan sulit juga untuk starter mobil.
  • Pastikan posisi atau dudukan aki tidak berubah dengan cara mengecek ikatan atau besi penahan dudukan aki, karena jika terjadi kelonggaran bisa menyebabkan aki bisa jatuh dan berakibat fatal terutama pada saat mobil sedang melaju.
  • Tetap perhatikan kondisi fisik aki secara rutin, pastikan tidak terjadi kebocoran. Jika terjadi kebocoran yang besar, sebaiknya gantilah dengan aki yang baru.
Dengan tips sederhana diatas semoga aki mobil atau motor Anda bisa terjaga dan berfungsi dengan maksimal. Semoga bermanfaat ya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sederhana Merawat Aki Mobil"

Post a Comment

Tinggalkan komentar dengan sopan. NO Spam!